Jadi Percontohan, Kemendag Serahkan Hibah Pasar Badung Senilai Rp 62,2 Miliar

Rabu, 23 Oktober 2019 : 17.10
Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Drs. Syailendra menyerahkan hibah Pasar Badung, berdasarkan Berita Acara Serah Terima Nomor : 295/M-DAG/BAST/10/2019 pada tanggal 17 Oktober 2019.
Jakarta - Kementerian Perdagangan menyerahkan hibah Pasar Badung dengan nilai Rp62,2 Miliar lebih kepada Pemkot Denpasar, di Kementerian Perdagangan RI, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Drs. Syailendra menyerahkan hibah Pasar Badung, berdasarkan Berita Acara Serah Terima Nomor : 295/M-DAG/BAST/10/2019 pada tanggal 17 Oktober 2019.

Hibah diterima Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara, didampingi Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari, Kabag Kerjasama Kota Denpasar, I Gst. Ayu Laxmy Saraswaty dan Direktur Utama PD Pasar Kota Denpasar, IB. Kompyang Wiranata.

Berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor S-746/MK.6/2019 tanggal 10 Oktober 2019 tentang Persetujuan Hibah Barang Milik Negara Berupa Bangunan Yang Berasal Dari Dana Tugas Pembantuan Pada Kementerian Perdagangan.

Para pihak menerangkan bahwa, pihak pertama telah menyerahkan kepada pihak kedua dan pihak kedua menerima dengan baik hak atas Barang Milik Negara yang berasal dari DIPA Tahun 2017.'

Tugas Pembantuan APBN berupa bangunan total nilai perolehan sebesar Rp. 62.278.459.364,- (Enam Puluh Dua Milyar Dua Ratus Tujuh Puluh Delapan Juta Empat Ratus Lima Puluh Sembilan Ribu Tiga Ratus Enam Puluh Empat Rupiah) yang selanjutnya disebut sebagai objek hibah.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra mengatakan, penyerahan hibah ini sudah sesuai dengan prosedur yang ada. "Nantinya diharapkan Pasar Badung bisa menjadi sebuah pasar tradisional percontohan di Indonesia dan bisa menjadi icon pasar rakyat terbaik di Indonesia," sambungnya.

Dia berharap Pasar Badung Kota Denpasar ini bisa menjadi sebuah pasar rakyat percontohan di Indonesia, dimana Pasar Badung ini menjadi daya tarik sendiri dengan tatakelola yang baik dan bersih serta menjadi salah satu penggerak perekonomian terbaik di Denpasar.

"Itu sudah terbukti banyak daerah telah melakukan study banding ke pasar rakyat milik Kota Denpasar, ini”, tandasnya. Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara sangat menyambut baik karena hibah Pasar Badung ini sudah diserahkan ke Pemkot Denpasar.

“Kami menyambut baik atas penyerahan hibah Pasar Badung dari Kementerian Perdagangan RI, yang nantinya akan digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan perkembangan ekonomi kerakyatan di Kota Denpasar”, ungkapnya.

Pasar Rakyat Pasar Badung mencerminkan pasar rakyat, ramah segar dan terpercaya yang merupakan sebuah pasar bermanfaat bagi perekonomian masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo dan Kementerian Perdagangan RI serta seluruh pihak yang telah membantu dalam proses percepatan pembangunan Pasar Badung yang telah diterima sejak tahun 2011 sampai dengan 2019," imbuhnya. (riz)

Rekomendasi