Jadi Pelajar Teladan, Gubernur Koster Akui Bandel Suka Bolos Sekolah

Jumat, 25 Oktober 2019 : 22.10
Gubernur Bali I Wayan Koster yang lulusan SMAN 1 Singaraja.
Singaraja - Gubernur Bali Wayan Koster bicara blak-blakan tentang masa sekolahnya dahulu yang suka bolos sekolah dan bandel namun di luar itu hebatnya dia menjadi pelajar teladan.

Kisah pendidikan Koster diutarakan saat menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 SMA Negeri 1 Singaraja (Smansa), Jumat (25/10/2019).

Koster menyatakan rasa senang karena bisa kembali menginjakkan kaki di sekolah negeri pertama yang ada di Kota Singaraja. Kostermerupakan alumnus dari SMA Negeri Singaraja (sebelum akhirnya menjadi SMA Negeri 1 Singaraja).

Dia menceritakan tidak akan bisa melupakan kenangan selama mengenyam pendidikan di Smansa Singaraja. Ia bahkan mengatakan, jika Smansa Singaraja memberi kesan tersendiri dalam perjalanan hidupnya.

"Saya menyadari betul, Smansa telah mendidik saya dan menjadi bagian hidup saya yang memberi kesan cukup dalam ketika mengikuti pendidikan di sekolah ini," tuturnya

Bapak dua anak asal Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng ini, selain mengikuti pendidikan di kelas, dirinya juga mengikuti ekstra "menabuh". Meski demikian, ia mengakui pelajaran yang paling disukainya ialah Matematika.

"Dahulu saya jarang belajar di sekolah, lebih banyak belajar di rumah. Kadang bolos juga, boncengan sama teman ke Air Sanih. Dulu saya bandel orangnya, jangan diikuti ya kalau masalah bolos ini," kenangnya memancing gelak tawa keluarga besar Smansa Singaraja yang memadati lapangan sekolah.

Meski demikian, Koster mengatakan jika dirinya termasuk siswa yang pintar. Bahkan dirinya gemar mempelajari mata pelajaran yang belum diajarkan di kelas oleh gurunya.

Dia selalu mempelajari lebih dulu sebelum diajarkan di sekolah. Bahkan saat kelas 1 sudah membeli buku kelas 3 untuk dipelajari. Mata pelajaran Matematika, fisika, kimia dan biologi selalu dipegang erat-erat.

"Pelajaran yang paling tidak saya suka yaitu menggambar, saya tidak pernah dapat nilai bagus kalau urusan menggambar," selorohnya. Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini mengaku senang menjadi bagian dari SMA Negeri 1 Singaraja. Menurutnya, kualitas guru-guru di Smansa Singaraja sangat bagus.

Dia mengaku senang bersekolah di Smansa dan mendapat guru yang baik dalam memberi pelajaran. Bahkan dulu saya pernah diajukan menjadi pelajar teladan.

"Saya berpikir, kok bisa diajukan padahal saya bandel dan sering bolos. Kita harus menghargai guru, karena merekalah kita bisa menjadi orang seperti saat ini. Kita harus hormat kepada guru," demikian Koster. (rhm)

Rekomendasi