IPHI Denpasar Berdayakan Ekonomi Umat dan Bangun Kepedulian Sesama

Sabtu, 26 Oktober 2019 : 21.33
Ketua IPHI Kota Denpasar H Suyono (dua dari kiri) dan jajaran pengurus lainnya
Denpasar - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Denpasar terus melakukan pembenahan guna lebih memperkuat secara keorganasian maupun menjalankan misi memberdayakan ekonomi umat dan membangun kepedulian terhadap sesama.

Sekretaris Panitia Pelaksana Penyambutan Jamaah Haji Kota Denpasar, Imam Asrori mengungkapkan setiap tahun musim haji, keanggotaan IPHI terus bertambah.

"Kita tahu, satu satunya organisasi yang keanggotaannya terbesar di Indonesia adalah IPHI, maka setiap tahun digelar penyambutan jamaah haji dalam rangka persatuan kesatuan dna kemabruran pascaibadah haji," ujar Asrori dalam konferensi pers persiapan penyambutan Haji Kota Denpasar di Aula Makorem 163/Wira Satya Kodam IX/Udayana, Sabtu (26/10/2019).

Hal itu, juga sejalan program pemerintah agar daerah termasuk Kota Denpasar dan Bali umumnya bisa menjadi daerah yang kondusif, aman dan tertib berkat kepulangan jamaah haji yang mental dan spiritualnya akan lebih baik dibanding sebelum berangkat haji.

Jamaah Haji, diharapkan bisa menjaga kemabruran ibadah rukun Islam ke-5 hingga sepanjang hayat sebagaimana harapan dan yang dilakukan IPHI secara nasional

"Kami juga mengajak media untuk mendengungkan, falsafah IPHI, sehingga masyarakat luas dapat menjalanan kehidupan kemabrurannya sepanjang hayat. Jadi mabrurnya tidak di Mekakah, mabrurnya Jamaah Haji saat kembali di Tanah Air," tegas Ketua IPHI Kota Denpasar H Suyono.

Dijelaskan, IPHI sebagai organisasi yang sifatnya dinamis. Setiap tahun, pertambahan jumlah jamaah Haji tidak sedikit. Untuk Kota Denpasar saja, paling tidak setiap tahun ada penambahan jamaah Haji hingga 300 orang.

Dari jumlah itu, untuk Kota Denpasar sebanyak 50-60 persen berasal dari jamaah haji Bali. Dicontohkan, kuota jamaah haji Bali tercatat 1.050 di mana sekitar 400 orang merupakan kuota Denpasar yang dinilai sudah cukup besar

Suyono menegaskan, IPHI menjadi empat pilar sabagai wadah tempat berusaha, menjaga kemabruran dari jamaah haji yakni menyangkut bidang sosial, kemasyarakatan, kesehatan dan pendidikan.

Selain penyambutan rutin jamaah haji yang pulang ke Tanah Air, ada juga rencana untuk memperkuat ekonomi umat dengan cara pemberdayaan masyarakat.

Mengingat potensi anggota IPHI cukup besar sehingga perlu dikembangkan sehingga bisa memiliki manfaat yang sebesar-besarnya bagi anggota dan masyarakat. Turut hadir dakan konferensi pers Kelompok Bimbingan Haji (KBH), Ketua Panitia H Mansur, Sekjen IPHI Denpasar H Joko Prabowo.

Dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan teknis anggota dan pengurus IPHI, maka akan dilakukan studi banding 8-11 November di ke Kota Klaten Jawa Tengah, yang dinilai cukup berhasil dalam membangun pemberdayaan ekonomi umat seperti pembangunan Masjid, kampus, BPR hingga Rumah Sakit.

"Dibanding daerah lainnya di Pulau Jawa, IPHI Denpasar, masih ketinggalan sehingga perlu terus ditingkatkan kualitasnya," aku Suyono. Saat ini, IPHI Denpasar, baru memulai membangun penguatan koperasi dan Kelompok Bimbingan Haji (KBH) yang keberadaanya juga diakui oleh Kemenag.

"Kedepan, kami akan kembangkan bidang pendidikan dan kesehatan sehingga keberadaan lembaga ini bisa membawa kemanfaatan bagi umat," tegasnya. Apalagi, calon jamaah perlu mendapat pembekalan dan ilmu sebanyak mungkin sebelum mereka pergi ke Tanah Suci yang diberikan di KBH.

Pada bagian lain, Suyono menambahkan, respon anggota IPHI maupun masyarakat umum terhadap keberadaan lembaga yang dikelola seperti Koperasi Syariah (Koper Syariah) yakni Koperasi milik IPHI, cukup positif.

"Kedepan, kami ingin bisa mewujudkan komitmen dalam bidang, ekonomi kesehatan dan pendidikan dengan membangun rumah sakit, sekolah dan memperkuat koperasi," tandasnya.

Dengan begitu, IPHI berusaha menjadi teladan bagi pengembangan ekonomi umat di Bali. Saat ini, yang sudah terdata jumlah anggota IPHI Kota Denpasar mencapai 500 orang.

Rencanya, selain mengendakan penyambutan jamaah Haji tahun ini digelar pada Minggu (26/10/2019) di Aula Korem 163/ Wira Satya, Denpasar, juga akan digelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-III tahun 2019 .

Kegiatan menghadirkan penceramah Ketua MUI Kota Denpasar H Saefuddin Zaimi dan diisi pula bazar makanan dan minuman. (rhm)

Rekomendasi