menu
search

HIPMI Bali Bangkitkan Spirit Jalan Sulawesi sebagai Pusat Perdagangan Tekstil

Sabtu, 12 Oktober 2019 : 13.49
BPD HIPMI Bali memberikan penjelasan seputar kegiatan HIPMI Festival 2019
Denpasar - Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bali kembali menggelar HIPMI Festival Tahun 2019 guna mengingatkan kembali spirit pusat perdagangan tekstil di Jalan Sulawesi, Denpasar.

Kegiatan dikemas sebagai ajang silaturahmi dan berkumpulnya para pengusaha serta masyarakat ini dikemas berbeda dari tahun sebelumnya. Kawasan Heritage Kota Denpasar yakni Jalan Sulawesi menjadi pilihan lokasi penyelenggaraan dengan bingkai kegiatan bertajuk ‘Senggol Sulawesi’.

“Yang berbeda dari penyelenggaraan HIPMI Festival tahun sebelumnya adalah konsep, dimana tahun ini pelaksanaannya menitikberatkan pada konsep pasar senggol yang dulunya bertada di kawasan Jalan Gajah Mada dengan memadukan empat etnis yakni Bali, China, Arab dan India,” ujar Ketua BPD HIPMI Bali, dr. I Gusti Nyoman Darmaputra didampingi Ketua Panitia, Agus Pande Widura di Denpasar, Sabtu (12/10/2019).

Ajang ini, kegiatan rutin tahunan berskala nasional yang digagas HIPMI Bali. Pelaksanaan kegiatan merupakan wahana silaturahmi serta berkumpulnya pengusaha, stake holder serta masyarakat.

Pada gelaran tahun ini, HIPMI Festival mengambil tempat di kawasan Jalan Sulawesi Denpasar. Hal ini dilaksanakan guna mengangkat sepirit Jalan Sulawesi Denpasar yang dulunya merupakan pasar senggol.

Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat Pasar Rakyat terbesar di Kota Denpasar yang menjadi ikon ekonomi kerakyatan. Tentunya hal ini merupakan tonggak penting bagi seluruh elemen HIPMI.

“Tentunya konsep ini diharapkan mampu memperkenalkan kembali sepirit Jalan Sulawesi kepada generasi muda yang saat ini dikenal sebagai pusat perdagangan tekstik, serta memberi pemahaman kepada insan pengusaha muda di pasar inilah merupakan awal mula muculnya berbagai jenis bisnis,” ujarnya.

Kegiatan dikemas beragam acara yakni Food and Art Expo ala Pasar Senggol dengan sajian khas dari Kabupaten/Kota di Bali dan empat Etnis disekitar kawasan Heritage Jalan Sulawesi.

Kemudian, Night Fun Run, Hiburan dengan sajian Barong Sai, Bondres dan Ngelawang, Kontes Foto dan penongkatan kompetensi pedagang melalui Scale up Pedagang Pasar Badung yang ditargetkan dihadiri ribuan orang baik dari Denpasar, Bali dan luar Bali.

Khusus untuk Night Fun Run digelar sejauh 5 KM dengan mengambil rute kawasan Heritage Denpasar. Bahkan artis yang juga pelari Malenie Putri juga direncanakan ikut lri dalam Night Fun Run ini.

Yang juga tak kalah fantastis adalah hadiah utama gelaran ini adalah 1 Unit Rumah.

“Tentunya kami berharap dari kegiatan ini mampu membangkitkan kejayaan kawasan Herutage Kota Denpasar serta membranding Pasar Badung sesuai dengan tagline HIPMI Pejuang Pengusaha, Pengusaha Pejuang yang selalu memberikan kemanfaatan bagi daerah dan sekitar,” ujar Darmaputra.

Kegiatan tahunan ini direncanakan digelar secara bergiliran di Kabupaten/Kota lainya di Bali.

Kasubag Penguulan Informasi dan Dokumentasi Bagian Humas Setda Kota Denpasar, AAN Mahendra Putra mengatakan, selain ajang kretivitas serta bertemunya pengusaha dan masyarakat juga dapat menjadi wahana promosi tentang Kawasan Heritage Denpasar dan Pasar Badung serta keindahan lainya di Kota Denpasar.

"Kami sangat mendukung dan hal ini sejalan dengan visi pengembangan kawasan Heritage Denpasar oleh bapak Walikota dan Wakil Walikota Denpasar," jelasnya. (riz)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua