Edukasi Menabung, Bank Bukopin Buka 80 Laku Pandai di Klungkung

Rabu, 16 Oktober 2019 : 21.30
Direktur Konsumer Bank Bukopin Rivan A Purwantono bersama Bupati Klungkung Nyoman Suwirta didampingi Kepala Bagian Pengawasan Bank I Nyoman Hermanto Darmawan meresmikan perwakilan agen B-Tunai baru di Kabupaten Klungkung
Klungkung - Bank Bukopin terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang menabung dengan membuka 80 laku pandai di Kabupaten Klungkung, Bali.

"Hari inilah deklarasinya kita mulai dan Kabupaten Klungkung satu-satunya yang mensupport dengan membuka 80 laku secara sekaligus," ujar Direktur Konsumer PT Bank Bukopin Tbk Rivan A. Purwantono saat sosialisasi layanan Laku Pandai, b-tunai yang dikemas dalam kegiatan bertajuk “Festival Klungkung, Serunya Nabung” di Klungkung, Rabu (16/10/2019).

Bahkan, Rivan menyebut Klungkung sebagai pemerintah daerah pertama kali di Bali yang mensupport, dengan melibatkan pemerintah dan perangkat desa dengan 80 laku pandai sekaligus.

"Sekarang sekitar 2.776 laku pandai yang kita miliki, maka akan kejar sampai 3000 di bulan Desember ini," sambungnya.

Laku pandi adalah bagian dari edukasi sehingga sebagai bank lembaga intermediasi, pihaknya melakukan edukasi masyakat tentang bagaimana menabung, melakukan transaksi perbankan. Seperti diketahui, tidak semua masyarakat Indonesia bisa terjangkau perbankan termasuk di Bali.

"Kita tidak membuka cabangnya, tetapi bermitra kepada masyarakat, bermitra dengan aparat desa dan kecamatan, membuka loket laku pandai, laku pandai mendekatkan produk perbankan khususnya Bank Bukopin kepada masyarakat khususnya di Klungkung," tandasnya.

Kegiatan dipusatkan di Klungkung, Bali tersebut digelar dalam rangka mendukung program Laku Pandai Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Edukasi merupakan bagian upaya OJK bersama pelaku jasa keuangan untuk pengembangan laku pandai di Tanah Air dalam jangka panjang.

Laku Pandai merupakan kegiatan menyediakan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerja sama dengan pihak dan menggunakan sarana teknologi informasi.

Kegiatan ‘Festival Klungkung, Serunya Nabung’ dihadiri sekitar 1.000 warga sekitar Klungkung dan digelar untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang keberadaan agen b-tunai yang saat ini telah hadir dan tersebar di daerah Klungkung dan sekitarnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Bank Bukopin di Bulan Inklusi Keuangan yang dicanangkan oleh OJK.

Festival Klungkung dibuka Bupati Klungkung Nyoman Suwirta dan dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan kepemudaan dan olahraga I Nengah Sudiarta, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Klungkung I Wayan Ardiasa, Kepala Kepala Bagian Pengawasan Bank I Nyoman Hermanto Darmawan dan Direktur Konsumer PT Bank Bukopin Tbk Rivan A. Purwantono dan jajaran manajemen Bank Bukopin.

Bersamaan Festival Klungkung, dilaksanakan CSR (Corporate Social Responsibility) berupa pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk warga dan dimeriahkan pula dengan kegiatan senam zumba bersama yang diikuti oleh sekitar 1.000 peserta yang terdiri dari para agen b-tunai, kaum profesional, pelajar, dan ibu rumah tangga.

Setelah berolah raga bersama, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang produk Laku Pandai Bank Bukopin, yaitu b-tunai kepada masyarakat Klungkung dan sekitarnya sekaligus peresmian agen b-tunai baru di Klungkung, kemudian ditutup dengan kegiatan hiburan.

Direktur Konsumer PT Bank Bukopin Tbk Rivan A Purwantono.
Pada bagian lain, Rivan mengatakan kegiatan Festival Klungkung ini diharapkan dapat menjadi salah satu media bagi Perseroan untuk melakukan edukasi dan menyampaikan informasi seputar program Laku Pandai.

Selain itu dapat menarik minat masyarakat untuk ikut memanfaatkan fasilitas ataupun menjadi agen Laku Pandai.

“Kami yakin kegiatan semacam ini cukup efektif untuk memperkenalkan layanan Laku Pandai kepada masyarakat Klungkung dan sekitarnya karena dikemas dalam bentuk hiburan dan CSR yang kami harap dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Rivan menambahkan, adanya penjelasan informasi tentang Laku Pandai dan produk-produknya, seperti b-tunai, Bank Bukopin berharap dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan beragam transaksi keuangan.

Pada saat yang sama, Bank Bukopin juga melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang manfaat dan keuntungan menabung serta penjelasan tentang Tabungan Rakyat bagi masyarakat Klungkung.

Melalui berbagai rangkaian kegiatan ini, pihaknya mendapat menyasar masyarakat Klungkung, khususnya segmen yang belum mendapatkan akses layanan perbankan agar dapat menjadi nasabah Bank Bukopin, kami juga berharap masyarakat Klungkung dapat lebih mendapatkan informasi mengenai layanan perbankan, khususnya seputar Laku pandai dan tabungan rakyat,” ujar Rivan

Ajang ini sangat penting bagi para agen b-tunai yang tersebar di Klungkung dan sekitarnya agar lebih mengerti bagaimana cara memanfaatkan layanan b-tunai secara optimal dan secara umum untuk meningkatkan jumlah nasabah baru.

Kegiatan Festival Klungkung, Serunya Nabung adalah salah satu acara Laku Pandai Nasional Bank Bukopin di tahun 2019 dan merupakan lanjutan dari edukasi dan sosialisasi yang sudah dilakukan di beberapa cabang.

Sebelumnya Bank Bukopin telah melaksanakan kegiatan Laku Pandai di Sukabumi, Magelang, Mataram, Medan, dan sejumlah daerah lainnya.

Secara nasional, jumlah agen b-tunai saat ini mencapai 2776 unit. Dengan semakin luasnya jaringan b-tunai diharapkan masyarakat aka lebih mudah melakukan transaksi perbankan melalui Bank Bukopin. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi