menu
search

Dongkrak Ekspor, Asephi Diminta Fasilitasi Kebutuhan UKM dan Eksportir

Rabu, 02 Oktober 2019 : 23.38
Wakil Gubernur Bali Cok Ace
Denpasar - Asosiasi Exportir dan Produsen Handycraft Indonesia (ASEPHI) diminta memberikan fasilitasi kebutuhan UKM, eksportir dan pemerintah dalam upaya meningkatkan kegiatan ekspor.

Diketahui, ASEPHI,menjadi wadah bagi para pelaku UKM dan Exportir kita dalam mengembangkan usahanya.

ASEPHI diharapkan dapat meningkatkan perekonomian terutama di bidang expor. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat membuka secara resmi Bali Craft 2019 yang diselenggarakan oleh ASEPHI di Plaza Renon, Denpasar, Rabu (2/10/2019).

Bali yang mengandalkan pariwisata sebagai sumber perekonomian utama, dan ASEPHI adalah bagian dari pariwisata itu sendiri. “Sehingga segala upaya yang dilakukan oleh ASEPHI juga merupakan usaha untuk memajukan pariwisata,” ujarnya.

Ia berharap,ASEPHI bisa memfasilitasi kebutuhan para anggotanya kepada Pemprov Bali. Apa yang diperlukan tolong komunikasikan dengan pemerintah, apakah ada kendala pada permodalan atau regulasi yang menghambat perkembangan anggota ASEPHI. Sehingga kita bisa mencari jalan tengah terbaik,” imbuhnya.

Masyarakat Bali mempunyai kreativitas tinggi dan sudah terkenal hingga ke dunia mancanegara, disinilah peran ASEPHI untuk memfasilitasi sangat diperlukan. “Jadi segala sesuatu silahkan komunikasikan dengan kita,” tandasnya lagi.

Ketua ASEPHI Bali Ketut Dharma Siadja
Ketua ASEPHI Bali Ketut Dharma Siadja menjelaskan, keberadaan ASEPHI selama ini memang memfasilitasi kebutuhan para UKM dan Exportir dalam melebarkan usahanya.

“Beberapa usaha yang telah dilakukan adalah audiensi dengan Bank Indonesia terkait regulasi permodalan yang dipandang memberatkan anggota, serta memfasilitasi berbagai pameran-pameran untuk anggota di Indonesia,” ujarnya.

Pemilihan tanggal pembukaan Bali Craft 2019 sangat relevan karena 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional serta menyambut Hari Jadi TNI tanggal 5 Oktober mendatang.

Ia mengaku kegiatan ini memang kali pertama dilakukan dan berharap ke depan bisa dilakukan kegiatan serupa dengan lebih baik lagi. “Semoga acara ini bisa menjadi acara tahunan, serta tempat pelaksanaan bisa dilakukan di tempat yang lebih besar,” harapnya. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua