menu
search

Dedi Ruslan: Kekuatan Taktis Alutsista TNI Membanggakan

Sabtu, 05 Oktober 2019 : 20.35
Jakarta - Sistem pertahanan militer Indonesia terbukti unggul hingga diakui di Asia bahkan dunia sehingga sebagai warga negara harus bangga dengan TNI. Sejarah panjang peperangan di Asia menyoroti banyak kekuatan militer terkemuka.

Global Fire Power, salah satu lembaga survei yang menyusun peringkat kekuatan militer, menyajikan data-data perbandingan negara-negara di dunia dalam The Global Firepower Military Strength Index.

Pengamat Kebijakan Negara yang Juga Anggota Dewan Penasehat Ekonomi Forum Bela Negara (FBN) Bali Dedy Ruslan menyatakan hal itu dalam memperingati HUT TNI yang kini memasuki usia ke 74 tahun.

"Faktanya di Tahun 2019, Indonesia berada di peringkat 15 dari 137 daftar negara dunia untuk peringkat tahunan GFP. Peringkat tersebut diterjemahkan ke dalam nilai peringkat PwrIndx 0,2804, dengan 0,0000 merupakan nilai sempurna," ungkapnya dalam perbincangan, Minggu (5/10/2019).

Dalam Global Fire Power, setiap negara akan dinilai berdasarkan kekuataan individual maupun kolektif untuk menghasilkan nilai PwrIndx yang digunakan untuk menetapkan peringkat negara tersebut setiap tahunnya.

Dari 50 negara Asia yang terdaftar, bahkan Indonesia bertengger di sepuluh besar teratas, tepatnya di peringkat 8.

Meski dikalahkan oleh negara-negara berkekuatan militer terbaik di Asia mulai dari Rusia, China, India, Jepang, Korea Selatan, Turki, hingga Iran, militer Indonesia terbukti mampu unggul dari negara-negara kuat lainnya seperti Israel, Korea Utara, Arab Saudi, hingga Singapura dan Qatar," tutur Dedi Ruslan yang juga Calon Bupati Sukabumi Periode 2020-2025 ini.

"Kita harus berbangga dengan kemampuan taktis alutsista kita untuk melindungi kedaulatan NKRI, "Dirgahayu TNI yang Ke-74, Semoga TNI makin jaya dalam mengemban amanah rakyat Indonesia," demikian Dedi. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua