BI Bali Terus Dorong Peningkatan Transaksi Non-Tunai

Rabu, 16 Oktober 2019 : 09.11
Transaksi elektronik/non-tunai di gerbang Bandara I Gusti Ngurah Rai/dok
Denpasar - Bank Indonesia terus mendorong peningkatan transaksi non-tunai setelah peluncuran telah meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based.

Deputi BI Perwakilan Bali Agus Sistyo menyatakan hal itu terkait rencana Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi Transaksi Non Tunai pada 7 Nopember 2019 di Hotel Prama Sanur Beach Bali.

Agus mengharapkan, dalam rapat bisa ditampilkan contoh elektronikfikasi Kota Denpasar. mengingat tema rakor tersebut adalah Optimalisasi peningkatan pendapatan asli daerah melalui gerakan transaksi non tunai.

“Contoh bisa digunakan dalam bentuk video maupun aplikasi pendukungnya,’’harapnya saat bersama Asisten Administrasi Umum Setda Kota Denpasar IGN Eddy Mulya beraudensi ke Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara Selasa (15/9/2019).

Pihaknya berharap agar acara ini tidak sekedar seremonial belaka, melainkan ada sesuatu materi yang bisa dibawa oleh para peserta agar diterapkan di daerahnya. Oleh karena itu Bank Indonesia akan memberikan support untuk menyediakan narasumber.

Menurutnya BI pasti memberikan support, karena acara tersebut BI juga memiliki kepentingan, yakni kebijaksanaan dalam rangka mengurangi biaya ongkos pencetakan uang.

“Kami berharap dengan acara ini ada peningkatan transaksi non tunai, mengingat BI telah meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based,’’ ujarnya.

Sementara, Eddy Mulya menambahkan, dalam acara tersebut akan ada pembacaan Denpasar Comitment terkait dengan gerakan non tunai dan dilanjutkan pembukaan acara Rakor secara bersama-sama oleh Kementerian Dalam Negeri, Gubenur BI, Gubenur Bali, Walikota Denpasar, Ketua DPRD, BPD Bali dan Pimpinan OJK.

Para pelaku usaha UMKM disamping sebagai peserta Rakor juga akan mempromosikan produk-produk cindramata mereka berciri khas Bali dengan mengaplikasikan transaksi secara non tunai.

“Disela-sela acara nantinya juga akan ditampilkan video-video inovasi Kota Denpasar yang terkait langsung dengan transaksi non tunai terutama yang berhubungan langsung dengan peningkatan pendapatan asli daerah yang dikolaborasi dengan video-vidio dari Bank Indonesia, BPD Bali dan Provinsi Bali,” tutupnya. (rhm)

Rekomendasi