Bangun Kesadaran Peduli Sampah, Denpasar Gencarkan Program SiDarling

Senin, 21 Oktober 2019 : 06.51
Denpasar - Dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat agar memiliki kepedulian terhadap sampah dan kebersihan lingkungannya Pemkot Denpasar terus mensosialisasikan program peduli lingkungan SiDarling.

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik melaksanakan sosialisasi SiDarling melalui pertunjukan rakyat di kawasan Car Free Day Renon Denpasar. Acara tersebut berhasil meraih antusiasme masyarakat, menampilkan salah satu musisi kenamaan Bali Joni Agung and Double T.

"Ini merupakan salah satu langkah strategis untuk mensosialisasikan program SiDarling secara langsung kepada masyarakat, dengan hadir langsung di tengah aktivitas masyarakat," tutur Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Dempasar I Dewa Made Agung, Minggu 20 Oktober 2019.

SiDarling atau Sistem Sadar dan Peduli lingkungan sendiri dilaunching pada awal tahun 2019, bertujuan membangun kesadaran dan keinginan masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan bebas dari sampah.

Lewat program ini setiap keluarga diharapkan mengelola sampahnya : organik dijadikan pupuk dan anorganik dibawa ke bank sampah. Program bank sampah terintegrasi ini berbasis website dan aplikasi, memudahkan masyarakat dan pengurus bank sampah dalam pengecekan dan pengelolaan data bank sampah.

Pemkot Denpasar memberikan penghargaan kepada masyarakat yang turut menjaga lingkungan. Dimana dengan menabungkan sampah ke bank sampah yang sudah terdaftar SiDarling maka masyarakat akan mendapatkan saldo uang tabungan serta point.

Point-point tersebut kemudian dapat ditukarkan dengan berbagai reward menarik seperti kemudahan akses layanan pemerintah, diskon di outlet toko buku, butik dan restaurant yang sudah bekerja sama dengan Pemkot Denpasar.

"Kami akan terus melaksanakan sosialisasi dan penyebaran informasi secara berkelanjutan terkait SiDarling agar masyarakat tahu dan dapat merasakan manfaat dari program ini", imbuh Agung. (riz)
Bagikan Artikel

Rekomendasi