menu
search

Warga Mambal Tertarik Olah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak

Jumat, 06 September 2019 : 20.58
Aksi gerakan bersih-bersih GADA Bali di Desa Mambal, Abiansemal, Badung
Badung - Masyarakat Desa Mambal Kecamatan Abiansemal, Badung tertarik dengan mesin pengolah sampah plastik yang bisa menghasilkan bahan bakar jenis minyak tanah siap pakai.

Desa Mambal kembali bergerak dalam acara Badung Bersih tahun 2019 dengan tema “Mambal Siap (GERTAK) Gerakan Serentak” berlokasi di Balai Subak Desa Mambal.

Dalam rangkaian acara bersih-bersih ini Desa Mambal didukung oleh Pemerintah Kabupaten Badung, Desa Mambal, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Gagasan Pemuda Bali (GADA Bali), Desaku Bersih, Bersih-Bersih Bali, dan Gerakan Olah Plastik (GO Plastik).

Hadir elemen masyarakat dari, Karang Taruna Desa Mambal, Relawan Tukad Bindu Komunitas Sungai dari Bandung, Mahasiswa KKN Universitas Warmadewa, Trash Hero dan masyarakat Desa Mambal.

Sekretaris Perhubungan Kabupaten Badung I Nyoman Wirayudha membuka acara disaksikan Perbekel Desa Mambal, Ketua BPD beserta anggota Dishub Kabupaten Badung dan Bendesa Adat.

Seluruh elemen masyarakat langsung memungut sampah di sekitaran wilayah Desa Mambal.

Sampah plastik dinilai cukup mengganggu kelangsungan ekosistem dunia yang membutuhkan waktu lama untuk terurai. Kurang lebih membutuhkan waktu 100 tahun agar dapat terurai secara alami oleh alam.

Kegiatan bersih-bersih ini juga memantik semangat komunitas GADA Bali yang hadir diantaranya Pembina GADA Bali I Gede Adi Putra & Dewa Hendrawan, Ketua I Gusti Putu Putra Mahardika yang juga sebagai Duta Hijau Terpilih Provinsi Bali, Wakil Ketua Arya Gangga, Sekretaris Riza Pratiwi, Bidang Humas Sobri dan Anggota GADA Lainnya.

Diketahui, GADA Bali komunitas sosial lingkungan yang mendukung acara ini juga memfasilitasi kegiatan ini dengan pemaparan materi Dewa Hendrawan selaku Founder GO Plastik.

Dia menawarkan sebuah solusi yang dapat digunakan oleh masyarakat Mambal tentang bagaimana cara mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar berkategori minyak tanah, dan ini juga sudah dipraktekan langsung.

Di hadapan masyarakat, Hendrawan memaparkan proses pengolahan sampah plasik menjadi bahan bakar dengan menggunakan 1 kg sampah plastik yang dapat menghasilkan kurang lebih 600 ml bahan bakar minyak tanah siap pakai.

Hal ini merupakan solusi alternatif untuk saat ini yang dapat digunakan sebagai obat tentang kebingungan masyarakat untuk sekiranya mengetahui bahwa sudah ada alat atau mesin yang dinamakan oleh Dewa Hendrawan sebagai mesin pirolisis.

Mesin ini mampu mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak tanah siap pakai.

Dalam dialog materi dipaparkan Hendrawan, masyarakat pun antusias untuk melihat dan bertanya tentang bagaimana proses pengolahan ini, dari bahan, biaya, dan keamanan penggunaan mesin ini.

Hendrawan sudah melakukan riset selama 3 tahun untuk menyempurnakan mesin ini agar dapat digunakan dengan aman oleh kalangan masyarakat.

Bahkan, dirinya menawarkan untuk siap membantu melatih masyarakat dalam proses pembuatan mesin pirolisis ini jika masyarakat berminat memiliki mesin ini dengan kemampuan yang dimiliki masyarakat.

Ketua GADA Bali I Gusti Putu Putra Mahardika sebagai Duta Hijau Bali Provinsi Bali menegaskan akan selalu tetap konsisten memerangi sampah plastik dengan cara mengedukasi masyarakat agar dapat memberikan solusi-solusi terkait pengolahan sampah plastik yang diharapkan nantinya dapat mengurangi sampah-sampah plastik di Bali.

Wakil Ketua Arya Gangga Bersama Sekretaris Riza Pratiwi dan Bidang Humas Sobri yang juga merupakan aktivis muda yang bergerak di bidang sosial lingkungan, mengharapkan agar masyarakat Bali lebih bijak dalam penggunaan sampah plastik.

"Bersama-sama bergerak bersama pemerintah untuk menuntaskan persoalan sampah plastik agar dapat menjaga keharmonisan dengan sekitar guna memenuhi ajaran Hindu yaitu Tri Hita Karana yang mengandung makna, hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan alam," ajak Arya. (riz)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua