Warga Binaan Bangga Bergabung Membangun Jembatan TMMD di Tabanan

Jumat, 27 September 2019 : 18.56
Warga Binaan Lapas Kelas II B Tabanan (berbaju seragam kaos warna biru) bergotong royong bersama anggota TNI, Polri dan komponen warga masyarakat lainnya mengecor jembatan program TMMD ke 106 di Kabupaten Tabanan
TABANAN - Sejumlah Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tabanan mengaku bangga bisa bergabung dengan anggota TNI, Polrii, Pramuka dan warga masyarakat bergotong royong membangun jembatan penghubung Desa Gubug dan Desa Bongan dalam Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 106 di Kabupaten Tabanan, Bali.

"Kami warga binaan Lapas Tabanan bekerja sejak jam 08.00 bergotong royong melakukan pembetonan jembatan.

Kami merasa bangga karena diberi kepercayaan terlibat dalam pembngunan jembatan bersama bapak-bapak TNI, Polisi adik-adik Pramuka dan warga masyarakat," ujar I Ketut Raka (50), warga binaan Lapas Tabanan saat ditemui tengah bekerja di Program TMMD Tabanan, Jum'at (27/9/2019) pagi.

Ketut Raka yang mengaku dijatuhi hukuman penjara 17 bulan terkait kasus penggelapan ini menambahkan, dirinya bersama 19 orang warga binaan lainnya dalam program TMMD Tabanan ke 106 ini mengaku sudah dua kali diterjunkan bergotong royong membangun jembatan.

"Sudah dua kali ikut gotong royong di sini. Kami selalu siap bila diturunkan lagi bergotong royong dalam Program TMMD ini," tambah Ketut Raka asal Banjar Darma, Desa Riang Gede, Kecamatan Penebel, yang sebentar lagi bebas murni ini.

Komandan Kodim (Dandim) 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto, ditemui di sela-sela acara kegiatan pembetonan jembatan mengemukakan, dalam progrm TMMD di Tabanan ke 106 ini pihaknya memang sengaja melibatkan warga binaan Lapas Tabanan.

"Sebelumnya sudah kami komunikasikan dengan Kepala Lapas Tabanan bahwa warga binaannya bisa dilibatkan dalam kegiatan Program TMMD," katanya.

Disebutkan, dengan terlibat dalam kegiatan di Program TMMD warga binaan bisa melakukan sosialisasi dengan masyarakat dan bisa ikut serta dalam pembangunan masyarakat.

"Kepala Lapas Tabanan sangat mendukung dengan usulan kami untuk melibatkan warga binaan dalam Program TMMD. Pelibatan warga binaan dalam program TMMD di Tabanan ini memang baru kali pertama," jelasnya.

Ditanya wartawan berapa kali warga binaan akan dilibatkan kegiatan gotong royong dalam Program TMMD Tabanan ke 106 ini? Menurut Dandim Toni Sri Hartanto tergantung dari situasi dan kondisi di lapangan.

"Nanti akan kami koordinasikan lebih lanjut dengan Lapas Tabanan . Pada prinsipnya, Kepala Lapas Tabanan siap membantu dalam mendukung kegiatan TMMD," jawabnya.

Pada kesempatan tersebut Dandim Tabanan juga memberikan apresiasinya kepada 20 orang warga binaan Lapas Tabanan yang pagi itu bergotong royong bahu membahu dengan anggota TNI, Polri, Pramuka dan warga masyarakat melakukan pembetonan jembatan.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Lapas Tabanan yang telah mengijinkan warga binaannya ikut bergabung dalam kegiatan TMMD. Kami juga memberikan apresiasi khusus kepada warga binaan yang bekerja penuh semangat," pungkasnya. (gus)

Rekomendasi