menu
search

Tekan Polusi, DLHK Denpasar Uji Emisi Terhadap Ratusan Kendaraan Bermotor

Rabu, 04 September 2019 : 06.29
Uji emisi kendaraan bermotor di Kota Denpasar
Denpasar - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar menggelar uji emisi dengan menyasar kendaraan bermotor roda empat sebagai upaya pengendalian tingkat polusi udata.

Kegiatan 3-5 September ini diharapkan mampu memberikan pemetaan tentang kondisi kendaraan di Kota Denpasar yang berpotensi menimbulkan polusi udara.

Hari pertama uji emisi yang dilaksanakan di Lapangan Pameran Sesetan, Selasa (3/9) ini sedikitnya sebanyak 810 kendaraan bermotor roda empat turut dilaksanakan uji emisi.

Kadis DLHK Kota Denpasar, I Ketut Wisada mengatakan Denpasar merupakan pusat kota dengan mobilitas yang cukup padat. Diperlukan pelaksanakan pengecekan rutin bagi kendaraan bermotor guna memastikan sisa pembakaran tidak memberikan dampak polusi udara.

Uji emisi bagi kendaraan bermotor di Kota Denpasar merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan DLHK Denpasar dalam mengontrol sisa pembakaran kendaraan dan kualitas udara di Denpasar sesuai dengan Permen Nomor 41 Tahun 1999 dalam rangka menjaga kualitas udara.

"Kegiatan ini rutin kami laksanakan sebagai upaya mengontrol udara di Kota Denpasar, khususnya bagi kendaraan bermotor yang mempengaruhi udara di Kota Denpasar, namun sejauh ini kualitas udara di Kota Denpasar masih tergolong baik," ujarnya.

Nantinya dari hasil uji emisi ini akan diserahkan kepada Dishub Kota Denpasar sebagai rekomendasi saat pengecekan Kir kendaraan. Menurutnya, dalam tiga hari pelaksanaan uji emisi ini ditarget 2,000 sampel kendaraan rode empat untuk diuji secara random sampling.

"Dari uji emisi ini kami terus mendorong masyarakat dan pengendara untuk rutin melaksanakan pengecekan, karena seiring berjalannya waktu dan seringnya penggunaan maka besaran kandungan gas sisa pembakaran pada mesin kendaraan juga dapat berubah," jelasnya.

Wisada menambahkan, bagi kendaraan yang telah lulus uji emisi akan diberikan stiker sebagai kendaraan yang telah lulus uji emisi.

Tujuan emisi untuk mengukur gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Selain itu, dengan uji emisi pemilik dapat mengetahui analisa kandungan CO2, PM10, Pb, SOX, Nox dan HC dalam gas buang.

"Besar harapan kami agar masyarakat pemilik kendaraan bermotor untuk rutin melaksanakan uji emisi bagi kendaraanya, sehingga pemilik lebih mengatahui tentang kandungan gas dalam mobil dan cara tepat dalam merawatnya, selain itu juga dapat berkontribusi dalam mengontrol udara kota," imbuhnya. (riz)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua