menu
search

Rawat Alam, Kodim Bangli Ajak Masyarakat Hijaukan Desa Wisata Penglipuran

Senin, 16 September 2019 : 09.50
Bupati Bangli I Made Gianyar dan Dandim 1626/Bangli Letkol Inf Himawan Teddy Laksono tanam pohon di sekitar Tugu Pahlawan Desa Penglipuran
Bangli - Kodim 1626 /Bangli bersama jajaran Forkominda dan elemen masyarakat lainnya melakukan aksi penanaman 10.000 pohon di sekitar Desa Wisata Penglipuran.

Kegiatan penanaman berbagai jenis pohon jenis keras dan berdaun lebar dilaksanakan selama satu bulan ini, puncaknya pada Karya Bakti dalam menyambut HUT TNI ke-74 di Tugu Pahlawan, Desa Penglipuran, Senin (16/9/2019).

Komandan Kodim 1626/Bangli Letkol Inf Himawan Teddy Laksono memimpin langsung kegiatan yang dihadiri juga Bupati Bangli I Made Gianyar. Ratusan aparat TNI dan Polri, pegawai, tokoh masyarakat, veteran, pengusaha hingga pelajar ambil bagian dalam Karya Bakti.

Letkol Himawan mengungkapkan kondisi sebagai daerah tropis Bali yang memiliki luas hutan sekira 62 ribu hektar di mana 20 persen diantaranya oksigen disuplai dari Bangli.

Karena itulah, melalui kegiatan aksi penanaman pohon, pihaknya ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, pelajar dan generasi muda bagaimana cara merawat alam.

"Apa yang kita berikan ke alam maka alam akan menjaga kita," pria asal Kudus Jawa Tengah ini. Untuk itu, pihaknya senantiasa mendorong masyarakat untuk menjaga bumi karena itu planet tempat manusia hidup.

Kata pria yang disapa HTL ini, bumi menjadi tempat manusia hidup, bumi memberikan air, makanann dan penghidupan makhluk. "Makanya kita memberikan alam, supaya alam memberikan timbal balik kepada kita," katanya menegaskan.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk membiasakan diri memberi energi positif, hati yang tulus, pikiran jernih, perilaku yang baik sehingga senantiasa, memberikan yang baik untuk alam.

Pada bagian lain, HTL menjelaskan, terkait kegiatan dalam memperingati HUT TNI ke-74, yang mengambil tema TNI profesional kebanggaan rakyat, pihaknya menggelar serangkaian kegiatan aksi sosial mulai pasar murah, donor darah hingga karya bakti melibatkan partisipasi masyarakat.

Diharapkan melalui semua kegiatan itu, bisa memberikan makna bagi masyarakat di kabupaten Bangli khususnya dan dunia. Kegiatan ini sambung HTL juga dalam rangka memperingati Hari Perlindungan Lapisan Ozon se-dunia, Hari Emisi Nol dan Hari Pohon se-dunia pada bulan September.

Bupati Bangli Made Gianyar mendukung sepenuhnya inisiasi kegiatan dari Dandim HTL, yang sangat bermanfaat tidak hanya bagi masyarakat namun juga untuk lingkungan dan alam.

Makanya ide kreatif Dandim HTL ini, perlu terus disosialisasikan, perlu diketahui masyarakat luas.

"Kegiatan ini kecil memang seolah-olah di Kabupaten Bangli namun jangkauannya sampai dunia, sebab udara itu tidak ada batasnya, bisa sampai ke mana-mana,_ tegas Sugianyar. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua