menu
search

Perbankan Diminta Berikan Akses Modal Murah dan Mudah Bagi UMKM

Minggu, 15 September 2019 : 11.50
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Humas KKP
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta keberpihakan perbankan kepada UMKM kelautan dan perikanan dengan memberikan akases modal murah dan mudah.

Menteri Susi menyatakan, KKP siap membantu para pelaku usaha UMKM untuk mendapatkan kemudahan modal itu.

“KKP siap membantu pelaku UMKM. Kita ada BLU dengan bunga yang lebih rendah dan kita juga berpartner dengan BNI dan BRI,” ujarnya saat Marine and Fisheries Business and Investment Forum di Jakarta baru-baru ini.

Ia berpesan agar perbankan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan modal. Kebijakan afirmatif yang memihak kepada UMKM, salah satunya memberikan bunga yang rendah kepada pelaku usaha UMKM.

“Saya mohon perbankan Indonesia juga mulai memberikan keberpihakannya, tanpa kebijakan afirmatif dari kita, yang kecil tidak mungkin naik cepat," harap dia. Kata Susi, KKP nantinya, akan mensubsidi bunga bank untuk pinjaman di bawah satu miliar.

"Jangan justru bunga yang kecil-kecil malah lebih tinggi daripada korporasi. Mindset ini harus kita buang. Kita majukan perikanan,” katanya menegaskan.

Pihaknya mendorong agar UMKM diberikan akses modal yang yang murah dan mudah. Murah dan mudah ini sangat penting. Tanpa itu, UMKM tidak bisa jalan untuk menyetarakan diri dengan yang besar.

"Jadi kita mesti bantu,” tegasnya sembari menambahkan, hal itu sudah sepatutnya dilakukan melihat sektor kelautan dan perikanan yang bertumbuh pesat dalam 4,5 tahun terakhir.

Pemerintah melalui KKP telah memberlakukan kebijakan-kebijakan yang menjadikan bisnis perikanan sustainable. Hasilnya, stok ikan melimpah hingga mencapai 13,1 juta ton pada tahun 2018 dari 7,3 juta ton pada tahun 2013.

Kelautan dan perikanan pun menjadi sektor investasi yang menjanjikan. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua