menu
search

Pemprov Bali dan Pemerintah Irlandia Perkokoh Kerja Sama Bidang Pariwisata

Rabu, 18 September 2019 : 21.03
Gubernur Bali I Wayan Koster bertemu Duta Besar Irlandia untuk Indonesia Olivia Leslie
Denpasar - Pemerintah Irlandia bersama Pemerintah Provinsi Bali terus memperkuat kerja sama bidang pariwisata. Gubernur Bali Wayan Koster menyambut baik jalinan kerja sama yang ingin dibangun. Diharapkan, ada pertemuan lanjutan guna membahas hal ini secara lebih detail.

"Tentunya sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asal Irlandia ke Bali," demikian dikatakan Gubernur Koster saat berjumpa Duta Besar Pemerintah Irlandia untuk Indonesia Olivia Leslie dan Deputy Head of Mission Carol Staunton di kediaman Jayasabha, Denpasar, Rabu (18/9/2019).

Upaya-upaya yang sudah dilaksanakan selama kepemimpinannya dan ke depan dalam meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan asing ke Bali, termasuk wisatawan Irlandia.

Pembangunan dititikberatkan, kepada pembangunan infrastruktur transportasi, baik darat seperti pembangunan jalan shortcut, udara yakni berupa pelebaran landasan pacu, dan laut berupa pembangunan pelabuhan-pelabuhan laut khusus untuk jalur pariwisata.

Dicontohkan, Dermaga Sanur yang akan menghubungkan wisatawan ke Nusa Penida dan Lembongan. Pada kedua daerah tersebut akan dibangun dermaga serupa untuk menunjang kenyamanan wisatawan.

Di daerah Benoa pun akan dibangun pelabuhan khusus kapal pesiar ukuran besar, sehingga memungkinkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. "Pelabuhan Tanah Ampo yang pembangunannya sempat mangkrak akan kembali ditata ulang," ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini.

Visi di bawah kepemimpinannya, 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali, mengandung makna membangun Bali beserta isinya yakni manusia, alam dan kebudayaannya. Bali yang tidak memiliki sumber daya alam, menurutnya, harus mengedepankan pengembangan sumber daya manusia agar semakin berkualitas.

"Dan tentunya ada pembangunan kebudayaan yang selama ini menjadi tumpuan sektor pariwisata Bali," kata Gubernur Koster menekankan.

Duta Besar Irlandia Olivia Leslie menyebutkan, banyak investasi warga negara Irlandia di Indonesia khususnya Bali, terutama di bidang animasi, teknologi serta pariwisata kapal pesiar. Dia berharap bisa menjalin hubungan kerja sama yang lebih erat di bidang pariwisata.

Dalam waktu dekat, sekitar bulan Oktober tahun ini, Pemerintah Irlandia berencana melaksanakan pertemuan antara pelaku wisata asal Irlandia guna membahas kelanjutan jalinan kerja sama yang ingin dibangun.

Olivia mengharapkan dukungan dari Pemprov Bali dengan ikut hadir pada acara tersebut.

"Saat ini sekitar 300 orang warga negara Irlandia berdomisili di Bali dan sudah membentuk satu komunitas, yang kegiatan utamanya membantu anak-anak putus sekolah karena mereka menilai remaja-remaja Bali memiliki semangat belajar yang baik," tutup Olivia. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua