menu
search

Ketua IPHI Tabanan Berharap Jamaah Haji Bisa Memberikan Teladan

Minggu, 08 September 2019 : 14.28
Perwakilan Kemenag Tabanan menyerahkan berita acara daftar nama jamaah haji Kabupaten Tabanan sebagai anggota baru IPHI kepada Ketua IPHI Kabupaten Tabanan
TABANAN - Setelah selama sekitar 40 hari berada di Tanah Suci Mekah dalam rangka melaksanakan ibadah haji, setibanya di tanah air para jamaah haji yang baru pulang dari ibadah haji harus langsung action, paraktek langsung memberikan contoh dan teladan bagi warga masyarakat sekitarnya untuk selalu berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari.

Baik itu hubungan vertikal dengan Allah SWT maupun hubungan horizontal dengan masyarakat.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tabanan H. Warso mengungkapkan hal itu saat menyambut kedatangan rombongan Jamaah Haji Kabupaten Tabanan di Masjid Al Muhajirin, Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI), Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali, Minggu (8/9/2019) siang.

Menurut Warso, jamaah haji Kabupaten Tabanan sejumlah 41 orang yang menjadi anggota baru IPHI Kabupaten Tabanan ini juga harus bisa membawa nama baik organisasi IPHI sebagai satu-satunya organisasi haji di Indonesia.

"Di dalam wadah IPHI, marilah kita bersama-sama mewujudkan ciri-ciri haji mabrur dalam praktek nyata di masyarakat," ajaknya.

Disebutkan, haji mabrur menjalani hidupnya bukan untuk mencari kedudukan di dunia, tapi untuk bekal pada kehidupan yang sebenarnya yaitu di kampung akherat, sehingga harus mengumpulkan banyak bekal dengan selalu berbuat baik di masyarakat dalam bingkai ibadah mencari ridho Allah.

Hal senada diungkapkan Nurhayat, Ketua Kantor Urusan AGama (KUA) Kecamatan baturiti mewakili Kepala Kantor Kemenag Tabanan yang menyatakan rasa syukurnya karena jamaah haji dari Kabupaten Tabanan bisa berangkat melaksanakan ibadah haji dan pulang kembali ke tanah air dengan selamat.

"Semoga bapak ibu yang telah selesai menunaikan ibadah haji bisa menjadi haji yang mabrur. Bisa mengamalkan nilai-nilai ibadah haji di masyarakat," harapnya.

Nurhayat atas nama Kemenag Tabanan juga menyampaikan terimakasihnya kepada IPHI dan semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga rombongan jamaah haji Kabupaten Tabanan bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar.

"Kami juga minta maaf bila selama dalam meberikan pelayanan dalam pelaksanaan ibadah haji masih ada kekurangannya di sana-sini," katanya berterus terang.

Sebelumnya, perwakilaan jamaah haji Kabupaten Tabanan H. Endra Triyanto dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kemenag, IPHI, Pemkab Tabanan serta seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sehingga rombongan jamaah haji Kabupaten Tabanan bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar.

"Alhamdulillah kami bisa melaksnakan ibadah haji dengan lancar. Pelayanan Kemenag selama pelaksanaan ibndah haji di tanah suci Mekah cukup memuaskan. Baik itu dalam pelayanan makanan, pemondokan maupun pelaksanaan ibadah haji. Atas nama rombongan jamaah haji Tabanan kami mengucapkan terima kasih," katanya.

Pada kesempatan tersebut H. Endra Triyanto yang juga Ketua Rukun Warga Muslim (RWM) Perumnas BSI dan sekitarnya itu memberikan masukan pada Kemenag agar ke depan rombongan jamaah haji dari Kabupaten Tabanan khususnya dan Bali pada umumnya didampingi oleh KBIH (Koordinator Bimbingan Ibadah Haji) seperti daerah lainnya.

"Rombongan jamaah haji dari daerah lain mendapat pendampingan KBIH sehingga mereka bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar. Untung saja, kami selama ini banyak mendapat bimbingan manasik haji dari IPHI sehingga sudah terbiasa melakukan praktek rangkaian ibadah haji secara mandiri," pungkasnya.

Selain dihadiri Ketua dan pengurus IPHI, acara penyambutan jamaah haji Kabupaten Tabanan tersebut juga dihadiri perwakilan sejumlah Ormas Islam dan Majelis Taklim, Tokoh Masyarakat dan Agama Islam, Pengurus RWM dan Takmir Masjid Al Muhajrin serta keluarga jamaah haji. (gus)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua