Kapten IB Putu Djapa, Tokoh Peristiwa Serangan Umum Kota Denpasar 1946

Selasa, 10 September 2019 : 05.34
Penyerahan Patung pejuang Kapten IB Putu Djapa
Denpasar - Sosok pejuang Kapten IB Putu Djapa dikenal salah satu tokoh penting yang berperan dalam peristiwa serangan ke Tangsi Militer Belanda di Denpasar pada 11 April 1946. Pemkot Denpasar menunjukan kepeduliannya terhadap veteran pejuang dengan menyerahkan patung Pahlawan Kapten IB Putu Djapa.

Launching serta penyerahan patung yang juga dirangkaikan dengan Launching Inovasi Veteran Berlebel ini dilaksanakan di Griya Puniawati, Banjar Bengkel, Denpasar, Senin (9/9/2019).

Kepala Mada LVRI Provinsi Bali, IB Saputra didampingi putra Kapten Anumerta IB Putu Djapa menjelaskan, dalam perjalanannya Pahlawan Kapten IB Putu Djapa dikenal gigih dalam perjuangan.

"Sosok pemberani asal Griya Puniawati Banjar Bengkel ini merupakan tokoh penting dalam Peristiwa Serangan Umum Kota Denpasar yang diperingati setiap 11 April," tuturnya.

Peristiwa ini diawali rapat para pejuang di tengah sawah Banjar Pagutan, Desa Padangsambian pada 8 April 1946. Beberapa pejuang, turut andil didalamnya yakni Kapten Sudianyar, Letkol Heri Uchi, Letnan IB Putu Djapa, Made Wijayakusuma, Made Regog dan lain sebagainya.

Dari rapat tersebut disepakati untuk menyerang Tangsi Militer Belanda di Denpasar pada tanggal 11 April pukul 03.00 Wita. Sasaran serangan adalah Tangsi Kayumas yang merupakan Pusat Tentara NICA, Tangsi Satriya dan Lapangan Terbang Tuban.

IB Japa bersama Letnan Kusuma Yuda dengan kekuatan 800 personil memimpin serangan dari arah timur. Dari serangan tersebut sebanyak 45 tentara NICA tewas dan 125 luka-luka.

“Namun dari pihak pejuang gugur sebanyak 7 orang termasuk IB Putu Djapa yang dikenal dengan julukan Gatot Kaca," urainya.

Perjalanan perjuangan Kapten Anumerta IB Putu Djapa melewati perjalanan terpanjang. Mulai dari Markas Pagutan, Poh Gading, Tegeh Kuri, Pagan, Kelandis hingga Yangbatu.

Kasi Karangtaruna, Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Dinas Sosoal Kota Denpasar, I Ketut Sweta mengatakan bahwa penyerahan patung pahlawan Kapten Anumerta IB Putu Djapa ini merupakan wujud penghargaan atas jasa dan perjuanganya terhadap bangsa dan negara.

Karena itu, ke depan kawasan Patung IB Putu Djapa ini akan disempurnakan dengan penambahan papan informasi yang memuat tentang Serangan Umum Kota Denpasar termasuk didalamnya nama-nama pahlawan Kota Denpasar.

Terkait Inovasi Veteran Berlebel, Sweta menjelaskan bahwa inovasi ini dilaksanakan sebagai impelemntasi dari Diklat Pim IV Angkatan VI BKPSDM Provinsi Bali Tematik Kepariwisataan Tahun 2019.

Dimana hal ini dilaksanakan secara sederhana dengan memberikan label pada gapura rumah veteran dan pahlawan di Kota Denpasar.

“Tentunya inovasi ini dilaksanakan untuk mempermudah dalam pencarian alamat sebagai bentuk pelayanan serta pemberian bantuan, serta informasi dan penghargaan atas jasa-jasa kepada bangsa dan negara,” terangnya.

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara menyambut baik diberikanya penghargaan berupa patung bagi pahlawan Kota Denpasar.

Tentunya selain sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan juga dapat menjadi literasi untuk meningkatkan pehamanan generasi muda da masyarakat guna memahami nilai sejarah bangsa.

Tentunya generasi muda kedepanya dapat memanfaatkan monumen sejarah ini sebagai wahan literasi untuk meningkatkan pehamanan tentang nilai sejarah bangsa, dan tentunya aura positif serta semngat patriotisme perjuangan pahlawan.

"Khususnya Kapten Anumerta IB Putu Djapa dapat tertanam dihati sanubari para generasi serta mampu menjadi destinasi pariwisata di Kota Denpasar,” ungkap Jaya Negara.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Putra IB Putu Djapa, IB Yadnya selaku perwakilan keluarga berterimakasih atas penghargaan terhadap Kapten IB Putu Djapa.

“Kami selaku perwakilan keluarga mengucapkan terimakasih atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan, tentunya sepirit ini dapat kita jadikan pedoman dan semangat bersama dalam mengisi kemerdekaan,” ucap Rai Mantra. (riz)

Rekomendasi