menu
search

IVENDO Bali Dorong Perlindungan K3 Bagi Pekerja Event

Sabtu, 14 September 2019 : 17.56
DPD IVENDO Bali menggelar Talkshow dan Workshop Safety Managemen Event
Denpasar - Industri Event Indonesia (IVENDO) terus mendorong diterapkannya Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) di perusahaan-perusahaan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya bagi pekerja event.

Dalam kerangka itupula, DPD IVENDO Bali menggelar Talkshow dan Workshop yang diperuntukkan bagi para pekerja event dan masyarakat lainnya agar mendapatkan wawasan tentang pentingnya K3.

Ketua DPD IVENDO Bali Grace Jeanie menjelaskan, dengan adanya peningkatan kapasitas ini, diharapkan maka SDM event di Bali memiliki daya saing yang cukup.

Dipilihnya materi tentang safety event managemen, kata Jeanie, karena harus diakui pengetahuan Safety event managemen di kalangan pekerja event masih minim khsusnya dalam konteks di Bali.

Selama ini, yang mereka ketahui dalam sebuah event memerlukan ambulans, polisi dan seterusnya. Namun hanya sebatas itu, pekerja event tidak memahami secara detil, sebetulnya kebutuhan mereka tidak hanya itu, tetapi ada banyak hal lainnya.

Karena itulah, dalam kegiatan ini, kesempatan bagi mereka untuk belajar tentang K3, safety event managemen meskipun hanya dasar-dasarnya.

"Dasar penyelenggaraan event, dasar itu kita harus tahu tentang safety event managemen, seperti crowd managemen, healhty risk dan seterusnys," tegas founder event organizer JP Pro Bali ini.

Ketua DPD IVENDO Bali Grace Jeanie
Ditambahkan Jeanie, yang tidak bisa dipungkiri, Indonesia sebagai daerah rawan bencana termasuk di Bali, sehingga tidak bisa kemudian menyalahkan alam.

Pada prakteknya di lapangan, banyak bersentuhan seperti ketika terjadi bencana, sehingga pekerja event harus memiliki tanggungjawab terhadap orang-orang dalan event.

Bagaimana mereka harus siap, tidak panik dan mengantsipasi, tentunya mereka harus menguasai safety event managemen. "Harapan kami, dengan sosialisasi kegiatan ini, mereka nantinya bisa mensosialisasikan kepada publik," sambungnya.

Para pekerja event ini, diharapkan mulai mengetahui tentang hal-hal penting menyangkut keselamatan kerja mulai dari lingkungan mereka hingga saat menyelenggarakan sebuah event.

Dalam kesempatan sama Kasi Norma Kerja dan K3 Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali I Made Sukarana, menegaskan, pentingnya K3 telah menjadi kebutuhan perusahaan di Bali khususnya banyak bergerak di industri pariwisata.

"Tujuan melaksanakan K3, kita bisa menerapkan salah satu regulasi yang ada, tentunya hasilnya dapat meningkatkan produksi dan produktivitas kerja," tandasnya.

Kemudian, diharapkan dapat akan menurunkan terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di sebuah perusahaan. "Ketiga dapat menjadi salah satu sebagai bentuk perlindingan bagi pekerja dan pengguna jasa-jas di perusahaan itu, akan terpenuhinya ketentuan K3," imbuhnya.

Acara yang dihadiri sekitar 80 pekerja event di Bali itu, juga disinggung tentang pentingnya sertifikasi K3 bagi perusahaan-perusahaan penyelenggara event dan sejumlah pembicara dihadirkan dari kalangan pelaku event, PMI dan Disnaker. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua