menu
search

Gandeng Polda Bali, Sido Muncul Gelar Operasi Katarak Bagi 153 Warga

Selasa, 24 September 2019 : 19.31
Bakti sosial operasi katarak digelar Sido Muncul bekerjasama dengan Polda Bali dan Perdami
Denpasar - Sebanyak 153 warga dari seluruh Bali menjalani operasi katarak yang digelar Sido Muncul bekerjasama dengan kepolisian. Acara bakti sosial operasi katarak digelar Polda Bali berkerjasama dengan Sido Muncul yang melibatkan seluruh jajaran Polres di Bali.

Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol I Wayan Sunartha hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di Gedung Perkasa Raga Garwita Polda Bali, Denpasar, Selasa (24/9/2019).

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan, kegiatan yang melibatkan Direktorat SDM Polri pertama kali tahun ini digelar di Makassar dilanjutkan lokasi kedua di Bali.

Kegiatan sejenis di Bali pernah digelar tahun 2010, di mana cukup banyak yang dicanangkan 3000 penderita katarak namun tidak semuanya mau benar-benar dioperasi.

"Sebagian besar para penderita katarak itu takut operasi," tutur Irwan sembari menambahkan mencari pasien yang bersedia dioperasi cukup sulit.

Seperti saat ini, yang ditargetkan ada 700 orang penderita katarak namun kenyataannya yang datang siap dioperasi hanya 153 orang. Selain dengan Polri, kerja sama untuk penanganan masalah katarak dan lainnya juga melihat jajaran seperti TNI.

Dikatakan Irwan, selama 10 tahun melakukan bakti sosial operasi katarak Sido Muncul didampingi Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) yang banyak membantu kelancaran jalannya operasi.

Pada bagian lain Irwan mengungkapkan, jumlah penderita katarak di Indonesia cukup banyak dan yang memprihatinkan mereka sebagian besar di bawah usia 50 tahun terutama mereka yang secara ekonomi kurang mampu.

Bagi mereka yang ekonomi relatif mampu, biasanya baru menjalami kebutaaan katarak diatas usia 60 tahun. Sebenarnya pemerintah telah melakukan upaya dalam menangani masalah katarak demikian juga peran serta kalangan swasta lainnya selain Sido Muncul.

Irwan menambahkan, pihaknya juga memberi perhatian masalah kesehatan dengan menyisihkan dana CSR untuk pembuatan rumah singgah bagi penderita kanker, operasi katarak dan memberikan uang saku kepada lansia.

Pada kesempatan itu, Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri menjelaskan, bakti sosial yang digelar berupa operasi katarak tidak lain untuk memberikan sesuatu yang berbeda, bermanfaat bagi masyarakat.

"Kebetulan ada Rakorbin yang membahas masalah internal , kami juga menggelar bakti sosial berupa operasi katarak dibantu teman-teman Polda, bersama Sido Muncul dan Perdami," sambungnya.

Pihaknya sudah berkomitmen dengan Sido Muncul untuk memberikan bantuan masyarakat yang membutuhkan. Selain operasi katarak juga bisa dihelat kegiatan lain seperti operasi bibir sumbing dan lainnya. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua