menu
search

Dua Kapal Angkatan Laut Kawal Sedekah Laut di Tegal

Rabu, 18 September 2019 : 00.00
Acara sedekah laut di Tegal, Jawa Tengah
Tegal - Acara sedekah laut yang digelar diperairan Tegal mendapat pengawalan dua Kapal Angkatan Laut (KAL) Maribaya I-5-12 dan KAL Kaligung I-5-13 Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal, Lantanal V, Koarmada ll.

Perhelatan Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal tahun ini sangat meriah, masyarakat begitu antusias untuk menyaksikan upacara tahunan yang di mulai dilaksanakan dari halaman KUD Karyamina Kota Tegal dihadiri Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto,beserta Jajaran Forkompinda.

Sedekah Laut mengambil tema "Boleh Beda Alat Tangkap Nelayan,Persatuan dan Kesatuan Tetap Diutamakan" ini, diikuti ratusan nelayan dan pemilik kapal yang ada di Kota Tegal.

Selesai acara sedekah laut dilanjutkan Pelarungan Ancak dan Sesaji. Turut mengiringi kapal yang membawa Ancak dari pelabuhan Tegal adalah Jajaran Forkompinda Kota Tegal diantaranya Wali Kota beserta pengurus KUD Karyamina, PNKT dan HNSI menggunakan Patkamla KAL Maribaya I-5-12 dan KAL Kaligung I-5-13.

Danlanal Tegal mengatakan bahwa acara Larung Ancak (Sedekah Laut) merupakan bagian ajang persatuan para Nelayan yang ada di kota Tegal.

"Sehingga tidak ada perbedaan antara nelayan dengan jenis kapal kecil atau besar. Semua bisa bersatu dan berharap hasil tangkapan akan berlimpah terus menerus setiap hari," tuturnya, Selasa 17 September 2019.

Acara pelarungan ancak ke laut meruapkan budaya lokal yang perlu dilestarikan, diharapkan sedekah laut ini sebagai ajang penggalian budaya, sehingga acara ini jangan cuma jadi hiburan semata, tetapi jadikanlah acara ini sebagai pelestarian alam dan budaya.

Lanal Tegal mendukung acara ini dengan melibatkan pengamanan aspek laut sehingga ada dua Patkamla yang diturunkan guna mengawal pelaksanaan acara. (riz)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua