menu
search

Bangsa Indonesia Berduka, Presiden Ketiga BJ Habibie Wafat

Rabu, 11 September 2019 : 23.02
Presiden RI Ketiga Prof BJ Habibie/biro pers setpres
Jakarta - Bangsa Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya, Presiden Ketiga Prof BJ Habibie menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) petang.

Kabar duka disampaikan langsung putra Habibie, Thareq Khemal Habibie sesaat setelah Bapak Demokrasi Indonesia itu mangkat. "Saya harus menyampaikan ini, bahwa ayah saya, Presiden ke-3 RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Putra bungsu Habibie, Thareq kepada wartawan.

Ia menjelaskan, hal yang menjadi penyebab mantan Menristek itu berpulang, salah satunya karena penyakit jantung. "Jantungnya sudah berhenti beraktivitas," jelasnya sebagaimana dalam wawancara langsung di salah satu televisi nasional.

Thraeq menambahkan, sang ayah kondisinya terus menurun, karena usia yang sudah lanjut. Thareq yang mendampingi sang ayah jelang akhir hidupnya menceritakan jika organ-organ dalam tubuh Sang Presiden melemah dan menjadi tidak kuat lagi.

"Pukul 18.05 jantungnya dengan sendirinya menyerah sampai titik akhir," imbuhnya.

Diketahui, sebelumnya, Habibie menjabat Wakil Presiden Republik Indonesia ke-7, menggantikan Try Sutrisno. Kemudian, Habibie menggantikan Presiden Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan 21 Mei 1998.

Berpulangnya Habibie membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan duka cita mendalam Wapres Kalla mendoakan agar Bapak Teknokogi Indonesia yang berpulang pada usia 83 tahun itu mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Semoga almarhum mendapat tempat yang mulya di sisi Allah Yang Maha Kuasa," demikian Wapres Kalla. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua