Megibung Kambing Betutu Semarakkan 74 Tahun Kemerdekaan RI di Karangasem

Jumat, 16 Agustus 2019 : 10.46
Tradisi Megibung atau makan bersama menyemarakkan HUT RI ke 74 di Karangasem
Karangasem - DSM-DOMPET SOSIAL menyajikan konsep perayaan yang unik yakni tradisi makan bersama atau Megibung Kambing Betutu dalam perayaan Qurban yang sekaligus bertepatan dmoment HUT RI yang ke 74.

Serangkaian kegiatan Megibung yang dilaksanakan di Desa Bukit Tabuan Kabupaten Karangasem, Bali merupakan salah satu program qurban ke pelosok 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa Tokoh/Pemuka Masyarakat Bukit Tabuan yang terdiri dari tokoh lintas agama, perwakilan masyarakat Bukit Tabuan beserta jajarannya dan tim Dompet Sosial.

Kegiatan diisi dengan acara Megibung sekaligus penyerahan simbolis daging kambing betutu kepada Bapak Agus selaku perwakilan masyarakat Bukit Tabuan.

Kegiatan Megibung atau makan bersama dalam wadah beralaskan daun pisang ini, bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan serta kekeluargaan masyarakat dan secara tidak langsung dapat menguatkan persatuan dan kesatuan terutama antar umat beragama.

Momentum besar ini juga dimanfaatkan untuk mengurangi masalah pangan dan kemanusiaan. Karena penyebaran daging qurban seringkali menumpuk di wilayah perkotaan dan belum menyentuh masyarakat rawan bencana serta kantong-kantong kemiskinan di pelosok negeri.

Belum lagi olahan dagingnya dapat menjadi inovasi berbagai masakan khas daerah tempat penyaluran.

Demi memfasilitasi pengembangan masakan agar tidak hanya berasal dari daging ayam, LAZ Dompet Sosial Madani Bali menyajikan dalam bentuk daging kambing betutu. Inovasi masakan lokal “Betutu” merupakan salah satu masakan tradisional Bali yang telah mendunia.

Resep olahan daging kambing lebih empuk serta dikemas menjadi betutu menambah cita rasa kambing lebih gurih manis dengan rempah pekat.

Direktur LAZ DSM, Andy Krisna mengajak masyarakat agar memanfaatkan moment qurban dan kemerdekaan ini, sebagai simbol pengorbanan serta perjuangan mengembangkan potensi konsumtif maupun sosial masyarakat agar hidup lebih sejahtera. (nik)

Rekomendasi