Mahasiswa Papua di Jember: Tujuan Kami Belajar, Tidak Ikut Campur Konflik

Selasa, 20 Agustus 2019 : 17.16
Mahasiswa Papua di Jember Jawa Timur
Jember - Mahasiswa Papua yang tengah belajar di Jawa Timur, seperti menetap di Kabupaten Jember tidak terpengaruh dengan kejadian kerusuhan di daerah asal mereka sebaliknya mereka sepakat menjaga kondusivitas wilayah.

Gambaran itu terlihat, saat mahasiswa dan pelajar Papua di Jember mengikuti berlangsungnya lomba dalam rangka peringatan HUT RI yang digelar oleh masyarakat hingga pemda setempat.

“Kami semua sepakat tidak ikut campur permasalahan itu (konflik Papua Barat, red). Tujuan kami hanya belajar,” ujar Ketua Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Papua di Jember, Tri Romy Yanengga. Senin, 19 Agustus 2019 malam.

Dirinya mengajak rekan-rekannya sesama mahasiswa dan pelajar untuk mendukung berlangsungnya perlombaan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74, saat ini.

“Jember sangat kondusif. Kami bersama sahabat-sahabat mahasiswa dan pelajar Papua lainnya, sepakat untuk tidak keluar dari Jember. Sekali lagi, tujuan kami di sini hanyalah belajar,” bebernya.

Dandim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, menuturkan, jika pihaknya bersama aparat keamanan terkait bakal menjamin keamanan pelajar dan mahasiswa Papua di Jember.

“Saya dan pak Kapolres sudah saling berkoordinasi dan bersinergi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada adik-adik kita dari Papua yang sekarang berada di Jember untuk belajar,” tegas almamater Akademi Militer tahun 2001 ini.

Mantan Dandim 0831/Surabaya Timur itu juga mengimbau seluruh masyarakat ikut serta menjaga keamanan dan kondusivitas yang selama ini sudah terwujud dengan baik. “Mari bersama-sama mewujudkan Kabupaten Jember yang aman dan damai,” harapnya. (riz)

Rekomendasi