menu
search

Jamaah Sholat Idul Adha Perumnas BSI Muluber Padati Jalan

Minggu, 11 Agustus 2019 : 11.07
Jamaah sholat Idul Adha 1440 H di Perumnas BSI Tabanan, meluber hingga memenuhi jalan di depan Masjid Al Muhajirin
TABANAN - Ribuan warga muslim di kompleks Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI), Tabanan, Bali, melakukan Sholat Idul Adha 1440 H di Masjid Al Muhajirin Perumnas BSI, Minggu (11/8/2019).

Masjid Al Muhajirin yang memiliki daya tampung sekitar 700 orang tersebut, tak mampu menampung banyaknya warga yang sholat sehingga banyak warga utamanya ibu-ibu yang terpaksa harus sholat di ruas jalan yang ada di depan masjid Al Muhajirin yang berlantai dua itu.

Bahkan jamaah yang datang belakangan meluber hingga jalan yang berada di depan sekolah Mapindo.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Al Muhajirin Sulistiono seusai sholat Idul Adha mengemukakan, membludaknya warga muslim yang akan melakukan sholat Idul Adha di Masjid Al Muhajirin sudah diantisipasi PHBI dengan menyediakan terpal untuk alas sholat.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, saat sholat Idul Adha warga yang sholat Id jumlahnya memang mencapai ribuan orang sehingga kami sudah menyiapkan sejumlah terpal untuk warga yang akan sholat di ruas jalan karena tidak tertampung di masjid," ujarnya.

Meski demikian, Sulis mengakui bila jumlah warga yang sholat Idul Adha kali ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Jumlahnya diperkirakan lebih dari 2.500 orang. Perkiraan ini berdasarkan tambahan lokasi sholat yang disiapkan panitia hingga memenuhi ruas jalan di depan sekolah Mapindo," katanya.

Menurut Sulis, sebelum pelaksanaan Sholat Idul Adha dalam rangka merayakan Hari Raya Qurban atau Idul Adha 1440 H ini, pihaknya juga menggelar kegiatan takbir keliling, Sabtu (10/8/2019) malam yang diikuti anak-anak Taman Pendidikan Al quran (TPQ) yang ada di Perumnas BSI dan sekitarnya.

"Ada delapan TPQ yang mengikuti pawai takbir keliling di Perumnas BSI," ujarnya. Seusai Sholat Idul Adha, PHBI Masjid Al Muhajirin bersama warga melakukan pemotongan hewan qurban berupa sapi dan kambing.

"Idul Adha kali ini kami memotong 17 ekor sapi dan 19 ekor kambing. Ribuan bungkus daging qurban selanjutnya akan kami bagi-bagikan ke warga dan sejumlah institusi. Selain ke warga muslim, daging qurban juga kami bagi-bagiakan ke warga non muslim yang ada di Perumnas BSI," pungkasnya. (gus)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua