menu
search

BBRBLPP Gondol Sosialisasikan Percontohan Budidaya Kakap Putih

Rabu, 07 Agustus 2019 : 13.31
Kepala BBRBLPP Gondol berfoto bersama dengan peserta, Penyuluh Perikanan dan undangan seusai kegiatan Sosialisasi Percontohan Penyuluhan Budidaya Kakap Putih
TABANAN - Balai Besar Riset Budidaya laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) Gondol, Buleleng melakukan Sosialisasi Percontohan Penyuluhan Perikanan Budidaya Ikan Kakap Putih Sistem Mina Padi Kolam Dalam (Minakoda) Padi Kakap Putih Salin Ibu (Patih Salibu) di Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Tirta Pertiwi, Banjar Apit Yeh, Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Bali, Rabu (7/8/2019).

Kepala BBRBLPP Bambang Susanto sebelum membuka acara dalam sambutannya mengemukakan pada tahun 2019 ini BBRBLPP Gondol memiliki tiga kegiatan Percontohan Penyuluhan yang disetujui dan dibiayai APBN.

"Kami mengusulkan kegiatan percontohan penyuluhan ini cukup banyak, namun hanya tiga yang disetujui yakni Budidaya Teripang Pasir di Buleleng, Budidaya Kepiting Bakau di Badung dan Budidaya kakap Putih di Tabanan," katanya.

Bambang Susanto berharap, ke depan kegiatan Percontohan Penyuluhan bisa meningkat jumlahnya. "Kami berharap kegiatan Percontohan Penyuluhan bisa dilaksanakan di 43 Kabupaten/Kota yang ada di empat provinsi sesuai dengan wilayah kerja BBRBLPP Gondol," harapnya.

Menurut Bambang Susanto, tujuan dari kegiatan Percontohan Penyuluhan ini adalah teradopsinya teknologi produksi padi dan kakap putih sebagai salah satu upaya diversifikasi usaha budidaya ikan untuk menunjang kegiatan budidaya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Selain itu juga untuk pemeliharaan ikan kakap putih untuk mencapai produksi yang maksimal. Baik itu jumlah, mutu maupun ukuran sehingga bisa meningkatkan nilai tambah lahan serta memberikan alternatif usaha dalam budidaya padi dan kakap putih," paparnya.

Terkait hal itu, Bambang Susanto berharap ke depan bisa dikembangkan di Kabupaten Tabanan sehingga Tabanan bisa menjadi sentra pengembangan budiaya kakap putih di Bali, bahkan di Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tabanan I Kade Artina mewakili Kepala Diskan Tabanan memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan Percontohan Penyuluhan Budidaya kakap Putih yang dilakukan BBRBLPP Gondol di Kabupaten Tabanan.

"Kami mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Ke depan kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dilaksanakan di Kabupaten Tabanan. Tidak hanya terbatas pada komoditas kakap putih, namun komoditas lainnya yang bisa dikembangkan di Tabanan," harapnya.

Kegiatan Percontohan Penyuluhan Budidaya Kakap Putih ini diikuti 10 orang peserta anggota kelompok Pokdakan Mina Tirta Pertiwi yang dihadiri seluruh Penyuluh Perikanan PNS dan Penyuluh Perikanan Bantu Kabupaten Tabanan serta sejumlah undangan.

Dalam kegiatan Sosialisasi Percontohan Penyuluhan yang diketuai Prof.Dr.Haryanti tersebut menghadirkan dua orang narasumber yakni Kepala BP3K Selemadeg Timur I Ketut Sarjawa yang membawakan materi Budidaya Padi Salin Satu Ibu (Salibu) serta Peneliti dari BBRBLPP I Gusti Ngurah Permana yang membawakan materi Budiaya kakap Putih sistem Minakoda. (gus)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua