menu
search

Banyak Torehkan Prestasi, Perguruan Silat Kertha Wisesa Jaga Warisan Leluhur

Minggu, 18 Agustus 2019 : 17.16
Syukuran HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan prestasi atlet Perguruan Silat Kertha Wisesa di Puri Peguyangan Denpasar
Denpasar - Perguruan Silat Kertha Wisesa memiliki eksistensi penting dalam memajukan olahraga pencak silat di Bali karena selain menorehkan segudang prestasi hingga nasional dan internasional juga terus melastarikan silat sebagai warisan leluhur pejuang kemerdekaan Indonesia.

Karenaya, dalam kerangka memaknai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74, bertempat di Puri Peguyangan, Denpasar digelar syukuran keluarga besar Kertha Wisesa atas pretasinya menyabet penghargaan berbagai juara umum di berbagai kejuaraan nasional dan internasional.

Ratusan pendekar silat dan masyarakat lainnya berkumpul dalam suasana penuh persaudaraan dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI dan syukuran atas segudang prestasi atlet silat Kertha Wisesa, di Puri Peguyangan, Denpasar Sabtu 17 Agustus 2019 malam.

"Kami bersyukur, adik-adik atlet silat Kertha Wisesa, menjadi juara umum, meraih emas cukup signifikan di dua kejuaraan silat nasional di Tegal dan Semarang Jawa Tengah serta kejuaraan Internasional Championship di Bali," ucap pembina Pengurus Pusat Perguruan Silat Kertha Wisesa Anak Agung Ngurah Gede Widiada.

Turah Widiada, demikian sapaan pelingsir Puri Peguyangan ini, jika menilik ke belakang, maka kelahiran Kertha Wisesa, tidak bisa dilepaskan dari peran tokoh-tokoh sejarah di Bali yang turut berjuangan merebut kemerdekaan.

Karenanya, atas prestasi membanggakan pada kejuaraan nasional dan dunia itu, harus tetap dikawal dengan baik agar pencak silat Kertha Wisesa terus bisa berkiprah bagi masyarakat khususnya dalam memajukan dunia pencak silat di Indonesia.

Pade kesempatan itu pula, Turah Widiada yang diberi kepercayaan sebagai pembina DPP, sekaligus wujud bersyukur sekaligus memohon doa restu keluarga besar Kertha Wisesa dan masyarakat lingkungan Peguyangan dan sekitarnya yang banyak membantu sehingga kembali dirinya melalui Partai NasDem diberikan kepercayaan kembali sebagai anggota DPRD Kota Denpasar periode 2019-2024.

"Ya kami adakan syukuran, ramah tamah untuk menyamnbung kedekatan dan rasa terima kasih kami atas dukungan keluarga besar Kertha Wisesa dan seluruh masyarakat selama ini, kebetulan momentumnya pas peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74," tegas Turah widiada yang didapuk sebagai Ketua Fraksi Restorasi Solidaritas DPRD Kota Denpasar ini.

Pihaknya berharap, dengan prestasi yang dicapai selama ini, bisa menjadi modal penting untuk terus meningkatkan prestasi silat di masa mendatang dan mendapat perhatian semua pihak termasuk pemerintah.

"Mudah-mudahan, prestasi pencak silat ini terus dikawal semua pihak, sebab pencak silat, merupakan seni warisan leluhur yang masih survife bertahan di Pulau Bali tercinta dan di seluruh Indonesia," katanya menegaskan.

Sebagai pelingsir Puri Peguyangan, pihaknya mendorong tokoh masyarakat lainnya dan pemerintah terus memperhatikan olagraga pencak silat di Bali.

Bagaimana prestasi pencak pencak silat dijaga guna melahirkan generasi muda yang sehat jasmami dan rohani sehinga bisa menjawab jawab tantangan jaman sebagaimana harapan Presiden Joko widodo, untuk menyiapkan SDM yang luhur, yakni sehat lahir dan batin.

Ketua DPP Kertha Wisesa, I Ketut Widiana Karya mengungkapkan, syukuran digelar, sebagai rasa syukur atas prestasi atlet silat di berbagai kejauaraab, bersamaan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI, sekaligus mendoakan para pejuang leluhur mereka.

"Kertha Wisesa adalah perguruan silat yang memiliki kaitan sejarah dan warisan leluhur kami yang ada sejak jaman perjuangan kemerdekaan, dan kebetulan hari ini, peringatan HUT Kemerdekaan RI, tepat sekali sebagai rasa syukur hingga kini masih tetap esksis," imbuhnya didampingi Sekjen IK Yutamana Slamet.

Widiana menyebut, berkat perjuangan tokoh diantarannya bernama Redog, kini Kertha Wisesa bisa berkembang terbentuk kepengurusan wilayah dan cabang seluruh Bali, termasuk juga ada kepengurusan sampai di Provinsi Sulawesi Tengah.

Disampaikan juga, pihaknya telah membuat sejumlah program untuk mempersiapkan atlet silat hingga pelatih dan dewan pendekar dalam menghadapi berbagai kejuaraan nasional dan internasional di masa mendatang serta demi pengembangan organisasi.

Sejumlah tokoh masyaraakat dan pengurus pusat dan Cabang Denpasar perguruan silat Kertha Wisesa hadir dalam syukuran yang berlangsung hangat dan meriah seperti I Nyoman Suarsana Hardika,sesepuh Kertha Wisesa Putu Sambi dan lainnya. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua