Bank Indonesia Edukasi Kebanksentralan Bagi Pelajar SMA dan MAN di Bali

Minggu, 18 Agustus 2019 : 17.34
Penyerahan hadiah bagi juara dalam Lomba Cerdas Cermat Ekonomi dan Kebanksentraalan digelar BI Bali
Denpasar - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali melaksanakan satu program edukasi publik yaitu “Lomba Cerdas Cermat Ekonomi dan Kebanksentralan antar SMA/MA se-Provinsi Bali Tahun 2019”.

Kegiatan digelar serangkaian peringatan HUT RI ke-74, HUT BI ke- 66 dan hari jadi Provinsi Bali ke-61. Program ini bekerja sama dengan Generasi Baru Indonesia Bali (GenBI Bali) 2019 dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi SMA se- Provinsi Bali.

Lomba dilaksanakan pada 17- 8 Agustus 2019, mengusung tema “Young Economist : The Hope of a Nation for Better Tomorrow”. Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Sapto Widyatmiko mengharapkan peserta dapat menjunjung tinggi nilai sportivitas selama kegiatan lomba.

"Tujuan kegiatan ini sebagai sarana dan media untuk dapat turut serta mengembangkan potensi dan memberikan motivasi kepada para pelajar di Provinsi Bali dalam meningkatkan minat, bakat, dan prestasi di bidang akademik," katanya saat membuka acara.

Teknis pelaksanaan lomba dibagi ke dalam beberapa tahap. Pertama babak penyisihan yang dilaksanakan di Graha Tirta Gangga, Gedung KPw BI Provinsi Bali pada tanggal 17 Agustus 2019.

Babak ini terdiri dari Multiple Choice (pilihan ganda) dan Crossword puzzle (teka-teki silang) yang diikuti oleh 58 tim yang tersebar dari berbagai SMA/MA se-Provinsi Bali.

Sembilan peserta lolos memasuki babak semifinal. Babak semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2019 di Kalangan Angsoka, Art Center. Babak semifinal terdiri dari tiga tahapan yaitu Show Your Power, Let’s Sing Together, & Finding the Treasure.

Dari kesembilan finalis mengikuti babak semifinal terdapat empat SMA yang melaju ke babak final yaitu SMAN Bali Mandara, SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Ubud, MAN 1 Jembrana.

Babak final sendiri terdiri dari tiga tahapan yaitu As Soon As Possible, Stairway to Stardom, & Score Market. Dari keseluruhan tahapan SMAN Bali Mandara muncul sebagai juara I.

Diikuti SMAN 1 Ubud dan SMAN 1 Gianyar di posisi kedua dan ketiga. Sedangkan MAN 1 Jembrana harus puas sebagai juara Harapan I. Sapto mengungkapkan bahwa antuasiasme peserta Lomba Cerdas Cermat 2019 telah meningkat dari tahun sebelumnya dan pelaksanaan lomba telah berjalan dengan baik.

“Generasi muda lebih aktif dalam mengikuti ajang perlombaan untuk mengharumkan nama Bali,” harap Sapto. Ketua MGMP Ekonomi SMA se-Provinsi Bali, I Wayan Sukandia menuturkan, pelaksanaan lomba tahun ini memiliki peserta yang paling banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu cara meningkatkan antusias para siswa adalah dengan selalu melakukan pelatihan dan mengajak siswa untuk tetap aktif mengikuti berbagai ajang perlombaan yang didukung dengan kompetensi baik yang dimiliki oleh guru pengajar.

“Pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat berikutnya, dapat dilaksanakan dengan tambahan tahapan lomba agar jumlah peserta dan mekanisme pelaksaan lomba dapat terlaksana dengan proporsional”, ujarnya.

Salah satu pemenang Lomba Cerdas Cermat ini, Gusti Ayu Saras Pagar Dewi dari SMAN Bali Mandara menuturkan, siswa diberikan dispensasi khusus oleh sekolah untuk persiapan dan pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat ini.

“Peserta yang mengikuti lomba adalah hasil seleksi dari anggota KSPM (Kelompok Siswa Penggemar Mata Pelajaran) Ekonomi di lingkungan sekolah”, tambahnya.

Hal sama disampaikan Gusti Ayu, anggota tim Bali Mandara lainnya, banyak membaca adalah salah satu kunci menambah wawasan yang memantaskan mereka layak menjadi juara. Ayu sangat terkesan dengan pelaksanaan lomba ini.

Menurutnya kegiatan ini terstrukstur dan sistematis serta bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan khususnya dalam bidang ekonomi. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi