menu
search

Rajin Jalan Kaki, Kakek 94 Tahun asal Bali Siap Tunaikan Haji

Rabu, 10 Juli 2019 : 16.57
Saeri calon jamaah haji berusia 94 tahun asal Bali
Denpasar - Saeri pria sepuh tinggal di Tuban, Badung Bali, siap menunaikan ibadah Haji tahun ini meski usinya menginjak 94 tahun.

Raut muka Saeri nampak berseri saat bersama ratusan calon jamaah haji asal Bali lainnya yang hadir dalam pelepasan jamaah haji di gedung Narita Graha, Renon, Denpasar Rabu, (10/7/2019).

Mewakili Gubernur Bali I Wayan Koster, Kepala Biro Kesra Ketut Sukra Negara dan Kepala Kantor Kemenag Wilayah Bali, I Nyoman Lastra, resmi melepas rombongan haji yang terbagi dalam tiga kloter yang berjumlah 1.054 orang.

Simak: Ditolak Keluarga di Pasuruan, Kakek 75 Tahun Menggelandang Sampai Bali

Diantara ribuan jamaah haji asal Bali itu, 61 persen adalah lanjut usia yang berjumlah 80 orang. Satu diantara jamaah lansia adalah Saeri, kakek yang lahir di Kabupaten Tuban Jawa timur dan menetap di Bali selama 37 tahun.

Meski berusia lanjut dan tubuh tak lagi sekuat dahulu, namun Saeri yang pernah berprofesi sopir angkot ini, tetap bersemangat menunaikan rukun Islam ke-5 itu.

Pelepasan calon jamaah haji asal Bali
"Dahulu setiap hari saya jalan kaki, enam kilometer, sekarang sudah tua ya cukup 1 kilometer," tuturnya didampingi menantu dan putrinya. 

Dia menyadari tantangan saat menunaikan haji cukup berat, secara fisik. Namun, Saeri mengaku tetap bersemangat untuk bisa menjalankan ibadah wajib di Tanah Suci Mekkah itu.

Simak: Kakek di Tabanan Yang Hilang Misterius Akhirnya Ditemukan

"Alhamdulillah saya bersyukur bisa berangkat dibiayai anak saya, saya nunggu empat tahun, Saya tetap semangat, insyallah Allah mengijabahi (mengabulkan)," ucap Saeri dengan wajah berseri.

Kakanwil Kemenag Bali Nyoman Lastra menyatakan, animo umat muslim yang mendaftar haji cukup tinggi. Pihaknya bersyukur pemerintah terus memberikan tambahan kuota haji untuk Bali di mana, tahun ini mendapat tambahan quota 354 orang.

Simak: Enam Hari Hilang Misterius di Gunung Adeng, Kakek 60 Tahun Ditemukan Selamat

"Per hari ini, calon pendaftar jamaah haji di Bali, sebanyak 14.987 jiwa, diperkirakan berangkat 20 tahun lagi," imbuhnya.

Lastra menegaskan, seluruh jamaah haji asal Bali sudah sangat siap diberangkatkan dalam tiga kloter yakni 60,61 pada 25 Juli dan kloter 84 pada 4 Agustus melalui embarksi Surabaya. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua