menu
search

Menteri Puspayoga Ingatkan Pengelola Koperasi Harus Bisa Sejahterakan Anggota

Sabtu, 27 Juli 2019 : 19.38
Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di Kota Denpasar ditandai Launching Aplikasi E-Checking yang dipusatkan di Taman Kota Lumintang Denpasar
Denpasar - Menteri Koperasi dan UKM RI, AA Gede Ngurah Puspayoga mengingatkan para pengelola atau pengurus koperasi bahwa prinsip lembaga yang menjadi soko guru perekonomian Indonesia itu harus bisa memberikan kesejahteraan bagi anggota.

Hal itu disampaikan Puspayoga saat hadir dalam peringatan Hari Koperasi Indonesia ke-72 di Denpasar. Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di Kota Bali ditandai Launching Aplikasi E-Checking yang dipusatkan di Taman Kota Lumintang Denpasar, Sabtu (27/7/2019).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan pejabat lainnya

Puspayoga menjelaskan bahwa adapun peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 Tahun 2019 mengangkat tema ‘Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0’. Dimana, melalui tema besar ini diharapkan mampu memberikan perubahan yang produktif terhadap pengelolaan koperasi.

“Presiden RI menaruh perhatian besar terhadap kemajuan koperasi di Indonesia, dimana hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menciptakan kesejahteraan rakyat sesuai dengan prinsip koperasi yang memberikan kesejahteraan bagi anggota,” ujar Puspayoga

Memasuki era revolusi industri 4.0 ini seluruh elemen bangsa termasuk koperasi harus melek terhadap kemajuan teknologi. Namun demikian, hal tersebut harus diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia yang kompeten.

Termasuk Aplikasi E-Checking yang baru saja dilaunching oleh Pemkot Denpasar ini. Hal ini sebagai bentuk digitalisasi dan wujud inovasi dalam mendukung kemajuan koperasi di era revolusi industri 4.0.

“Semua harus menggunakan teknologi dengan terus meningkatkan kualitas SDM yang kompeten dalam menggunakan teknologi,” paparnya.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena mengatakan bahwa koperasi di era revolusi industri 4.0 akan menghadapi tantangan yang lebih berat.

Pesatnya perkembangan digitalisasi harus didukung oleh kulaitas SDM yang mumpuni. “Koperasi harus terus tumbuh dan mengikuti arus digitalisasi untuk dapat bergerak dan berinovasi dalam memberikan kesejahteraan rakyat,” ujar Rai Mantra.

Rai Mantra menambahkan bahwa peran koperasi dalam mendukung pembangunan di Kota Denpasar sangat dirasakan masyarakat. Tidak hanya menjadi sarana untuk simpan pinjam dan serba usaha, keberadaan koperasi juga telah mampu memberikan kemudahaan bagi masyarakat dalam pelaksanaan upacara adat dan keagamaan.

“Bayak koperasi di Kota Denpasar yang sudah mampu melaksanakan metatah massal, ngaben massal, memukur massal, serta berkontribusi dalam memberikan jaminan bagi masyarakat yang baru lahir, menikah, sakit dan meninggal, inilah sejatinya fungsi koperasi dalam memberikan kesejahteraan masyarakat,” paparnya. (riz)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua