menu
search

Tender Jalan Kabupaten Kediri, Ahli Berikan Keterangan di Sidang KPPU

Sabtu, 22 Juni 2019 : 07.48
Sidang KPPU mendengarkan keterangan ahli dalam perkara tender jalan di Kabupaten Kediri
Surabaya - Sejumlah saksi ahli memberi keterangan pada sidang KPPU dalam perkara tender jalan di Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Kesaksian ahli didengar guna melengkapi proses pemeriksaan perkara tender jalan di Kabupaten Kediri tahun anggaran 2016 (Perkara No. 21/KPPU-I/2018 dan Perkara No. 22/KPPU-I/2018).

KPPU telah memeriksa beberapa Saksi dan Ahli (Ruang Sidang KPD Surabaya), pada 20 dan 21 Juni 2019.

Dua orang Ahli (Dr. Sukarmi, S.H., M.Hum. dan Hamid, S.T., M. Eng.) yang dihadirkan dalam sidang pemeriksaan lanjutan, yang dipimpin oleh Majelis Komisi Chandra Setiawan, dan Harry Agustanto.

Para ahli ini menyampaikan keterangan seputar bentuk-bentuk persekongkolan tender, penggunaan IP address dan meta data.

"Keterangan para ahli ini penting untuk menjadi pertimbangan Majelis Komisi dalam mengungkap ada tidaknya pelanggaran Pasal 22 UU No. 5 / 1999 terkait dugaan praktek persekongkolan tender perkara a quo," tutur Setiawan.

Diketahui, bunyi Pasal 22 UU No. 5 / 1999 berisi pelaku usaha dilarang bersekongkol dengan pelaku usaha lain dan/atau pihak yang terkait dengan pelaku usaha lain untuk mengatur dan/atau menentukan pemenang tender sehingga dapat mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat.

Adapun beberapa dugaan persekongkolan dalam kedua perkara ini diantaranya seputar afiliasi diantara peserta tender, kesamaan-kesamaan dalam dokumen tender, dan persyaratan yang menghambat persaingan. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua