menu
search

Lima Ratus Penari Rejang Renteng Siap Meriahkan Festival Yeh Gangga

Sabtu, 15 Juni 2019 : 22.54
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat melakukan peninjauan lapangan persiapan akhir Ferstival Yeh Gangga 2019
TABANAN – Tercatat ada 500 orang penari Rejang Renteng akan memeriahkan acara Festival Yeh Gangga 2019 yang akan digelar di kawasan Pantai Yeh Gengga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali, pada tanggal 22-23 Juni mendatang.

Terkait hal itu, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti seusai melakukan persembahyangan di Pura Batu Bolong, langsung meninjau kesiapan 500 Penari Rejang Renteng yang akan dipentaskan pada acara Festival Yeh Gangga, sekaligus memantau kesiapan Panitia Acara Festival Yeh Gangga,di kawasan Pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan, Sabtu, (15/6/2019) sore

Saat melakukan peninjauan, Bupati Eka meminta panitia dan segenap unsur yang terlibat di dalamnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk mepekeling (mohon doa restu) kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sehingga Festival Yeh Gangga bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Bupati Eka berharap, dengan dilakukannya persembahyangan dan peninjauan ini agar saat pagelaran puncak tidak terjadi kendala dan masalah apa pun. “Mari kita bersama-sama mepekeling dan mempersiapkan acara dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya acara ini bisa berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

Menurut Bupati Eka, Festival Yeh Gangga digelar untuk memperkenalkan potensi Kabupaten Tabanan di bidang Pariwisata, Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan akan mengangkat budaya yang ada di Tabanan. Selain itu, kuliner khas asal Tabanan juga akan dijajakan pada saat pagelaran festival.

"Sehingga Tabanan tidak hanya dikenal dengan Lumbung Berasnya Bali melainkan Tabanan dikenal memiliki berbagai macam potensi kelautan, perikanan dan wisata pantai yang dapat menarik hati para wisatawan baik lokal maupun mancanegara," katanya.

Disebutkan, ke depannya jika festival semacam ini berimbas pada kesejahteraan masyarakat di Desa Sudimara, khususnya Yeh Gangga dan Tabanan pada umumnya, maka akan digelar lebih banyak festival lagi di Tabanan.

"Selain Festival Yeh Gangga, Tabanan juga mempunyai Festival lainnya seperti Festival Tanah Lot, Festival Jatiluwih, Festival Ulun Danu Beratan, dan lainnya," ujarnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Eka saat peninjauan lapangan di antaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila, Asisten Perekonomian dan Pembangunan AA. Dalem Tresna Ngurah, beberapa Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, dan Para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Tabanan.

Pemantauan di lapangan, terlihat panitia dan unsur terkait yang terlibat dalam Festival Yeh Gangga telah mempersiapkan acara dengan sebaik-baiknya. Para penari pun tampak sangat antusias mengikuti latihan dan terlihat beberapa panitia sangat sibuk mempersiapkan tenda dan panggung.

Festival Yeh Gangga 2019, rencananya akan digelar pada tanggal 22 - 23 juni 2019 mendatang. Selain dimeriahkan 500 penari Rejang Renteng, Festival Yeh Gangga 2019 juga akan menampilkan Parade Jukung, Zumba Massal dan stand Kuliner khas Yeh Gangga. (gus)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua