Kota Pusaka, Bupati Ayu Mas Harapkan Amlapura Masuk Warisan Budaya Dunia

Sabtu, 22 Juni 2019 : 23.30
Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri )kanan) dan istri Gubernur Bali Ni Putu Putri Suastini Koster
Karangasem - Sejarah panjang Amlapura membuatnya masuk dalam jajaran Kota Pusaka di Tanah Air karena itu diharapkan agar ke depan bisa masuk Warisan Budaya Dunia (WBD).

Harapan itu disampaikan Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri saat mendampingi istri Gubernur Bali Ni Putu Putri Suastini Koster dalam Pawai Budaya Kota Pusaka yang dirangkaikan dengan HUT ke-375 Kota Amlapura, ibu kota Kabupaten Karangasem.

Putri Koster dan Mas Sumatri, hadir di panggung kehormatan gelaran tersebut di Jalan Sultan Agung Amlapura, Karangasem Sabtu (22/6/2019. Pawai budaya tersebut melibatkan 25 peserta yang adalah duta dari kabupaten/kota di tanah air, yang masuk ke dalam jajaran anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

"Kita patut berbangga, Amlapura termasuk jajaran Kota Pusaka berkat sejarah panjangnya. Mari kita perjuangkan bersama agar ke depan bisa masuk Warisan Budaya Dunia (WBD)," kata Mas Sumatri .

Secara khusus, Mas Sumatri mengapresiasi kehadiran Ny Putri Suastini Koster yang disebutnya punya peran luar biasa dalam pelestarian seni dan budaya di Bumi Dewata.

"Terima kasih atas kehadiran Ibu Putri Koster yang sejak dahulu dikenal sebagai seniman serba bisa, dan kini juga berperan sebagai pendamping Bapak Gubernur," ucap Mas Sumatri.

Selain Ny Putri Koster, turut hadir pada pembukaan pawai tersebut, tampak Sekretaris Kementerian Koperasi dan UMKM Prof Rully Ardiawan, Wabup Karangasem Wayan Artha Dhipa, serta 25 bupati/wali kota anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

Pada kesempatan itu, Putri Koster didaulat membacakan sebuah puisi. Dengan suaranya yang lantang dan penuh penghayatan, sang seniman kenamaan tersebut tampak membawakan puisi yang berjudul 'Sumpah Kumbakarna' yang mampu menghibur hadirin. (riz)

Rekomendasi