Helikopter Sisir Perairan Klungkung, Tim Sar Belum Temukan Bule Amerika

Jumat, 21 Juni 2019 : 19.03
Klungkung - Meski Tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan penyisiran laut dan udara di sekitar perairan Nusa Lembongan Klungkung namun seorang wisatawan Amerika Serikat yang dilaporkan hilang ak kunjung ditemukan.

Warga Amerika yang diketahui bernama Aviv Meshil (23) dilaporkan hanyut saat bermain paddle board di perairan Musroom, Bay Beach, Nusa Lembongan, Bali Senin (17/6/2019) sekitar pukul 16.15 Wita.

Memasuki operasi SAR hari ke lima, Basarnas Bali mengerahkan 1 unit helicopter dari Air Bali dan 2 unit Rigit Inflatable Boat (RIB). Unsur SAR lainnya yang terlibat dalam upaya pencarian diantaranya 1 unit speedboat Magoza.

Sementara itu SRU darat melakukan penyisiran serta berkoordinasi dengan Balawista ataupun nelayan yang berada di Pantai Padang-Padang - Pantai Nyang-Nyang - Uluwatu (sebelah selatan Bali) dan Serangan - Sanur (sebelah timur Bali).

"Proses pencarian hari ini dengan menggunakan helikopter Air Bali fokus di sekitar lokasi diduga korban hilang, pada luas area 132 Nm, selama 2 jam untuk 1 shorty,” ungkap Kepala Kantor Basarnas Bali Hari Adi Purnomo.

Pihaknya menjelaskan pergerakan 2 unit RIB dan 1 unit speedboat yang melakukan pencarian secara paralel.

"Ada 4 pembagian area pencarian yang total luasnya sekitar 185.69 Nm², jadi masing-masing sudah ditentukan alur penyisirannya dan penentuan area tersebut sudah dengan perhitungan berdasarkan kondisi pergerakan arus,” imbuhnya.

Informasi BMKG data cuaca di sekitar lokasi kejadian Jumat (21/06/2019) cerah berawan, angin mengarah ke barat laut-utara dengan kecepatan 2-6 Kts. Sementara arus permukaan mengarah ke tenggara-selatan dengan kecepatan 0,5 kts, tinggi gelombang diperkirakan antara 1,3 meter hingga 2,2 meter.

Pada pukul 07.00 WITA 2 unit RIB telah lepas sandar dari Dermaga Pasir Pelabuhan Benoa menuju area pencarian dengan 8 orang personil Basarnas Bali serta 3 orang anggota SAR Samapta Polda Bali.

Sementara speedboat Magoza bergerak dari Nusa Lembongan ke arah selatan, menyisiri sepanjang tebing-tebing. Pada pukul 12.34 Wita RIB telah sandar kembali di Pelabuhan Benoa, selanjutnya pergerakan shorty kedua dilakukan pukul 14.20 Wita.

Helikopter Air Bali PK-ZGL terbang dari Benoa sekitar pukul 14.05 Wita menuju area pencarian. Personil On Board (POB) berjumlah 2 orang dari Basarnas Bali, 2 orang pihak asuransi, beserta pilot dan enginer. Pencarian yang berlangsung hingga pukul 16.00 Wita masih belum memberikan hasil.

Adi mengatakan, upaya pencarian sudah dikerahkan secara maksimal, bahkan kemarin kekuatan SRU laut ditambah, selain 2 unit RIB juga dikerahkan KN SAR Arjuna 229 dan RIB yang berada di Gilimanukm.

Selain itu, ada antuan dari Polair yakni 2 unit Speedboat, maupun pencarian dari udara yang menggunakan helikopter. Sampai dengan petang, hasil operasi SAR masih nihil.

"Tadi SRU darat, laut dan udara telah lakukan pencarian sesuai dengan rencana operasi SAR, tapi tidak ada tanda-tanda keberadaan korban," jelasnya. Siang tadi perwakilan konsulat Amerika yang ada di Bali dan pihak asuransi berkoordinasi di Kantor Basarnas Bali.

"Dari konsulat dan asuransi datang ke kantor untuk berkoordinasi dan langsung memantau pelaksanaan operasi SAR dari ruang kontrol, setelahnya mereka menuju Benoa untuk ikut melakukan pencarian menggunakan helikopter," demikian Hari Adi. (rhm)

Rekomendasi