menu
search

Gandeng Ombudsman, Seluruh OPD Kota Denpasar Disidak Pasca-Lebaran

Selasa, 11 Juni 2019 : 00.30
Sidak ke sejumlah OPD pada hari pertama kerja pasca-libur lebaran
Denpasar - Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara menggandeng Ombudsman untuk melakukan sidak pegawai ke semua Dinas OPD pada hari pertama kerja pasca-cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Sidak dilakukan guna menindaklanjuti Surat Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Republik Indonesia Nomor B/26/SM00.01/2019 tertanggal 27 Mei 2019.

Surat edaran, isinya seluruh Kepala Dinas OPD maupun Kabag se-Indonesia harus melaporkan hasil pemantauan kehadiran ASN sesudah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pemerintah Kota Denpasar melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusa (BKPSDM) Kota Denpasar melaksanakan sidak ke sejumlah Kantor OPD dilingkungan Pemkot Denpasar, Senin (10/6/2019).

Saat sidak Sekda Rai Iswara didampingi Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Bali Umar Ibnu Alkhattab, Asisten 1 I Made Toya, Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembanguan, Gusti Ayu Bintang Darmawati dan pejabat lainnya.

Monitoring dimulai di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar, Jl. Letda Tantular No 12, Denpasar dilanjutkan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Denpasar, Jl Gatot Subroto VI No. J 22 Denpasar.

Dalam pemantauan ini dilokasi Tim disambut oleh masing- masing kepala OPD bersangkutan. Saat pemantauan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar. Rai Iswara mengatakan,monitoring ini sebagai wujud upaya peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan ASN dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

“Ini sekaligus pemberian motivasi serta pemahaman kepada para ASN mengenai tugas pokok dan fungsi sebagai peningkatan kinerja yang diharapkan menjadi pemacu para pegawai dalam meningkatkan kualitas diri dalam memberikan pelayanan pada masyarakat,” ungkap Rai Iswara.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab mengharapkan, sidak dapat mendorong seluruh pemangku kepentingan dilingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota di Bali memastikan ASN untuk hadir pada hari senin tanggal 10 Juni 2019 ini secara keseluruhan pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“Saya melakukan monitoring secara menyeluruh kehadiran ASN ke sejumlah Kantor OPD di lingkungan pemerintah Kota Denpasar dan bila ditemui pelanggaran akan diberikan sanksi tegas oleh pembina kepegawaian terkait,” ujarnya.

Dalam kegiatan monitoring kali ini kami salut terhadap ASN di Pemkot Denpasar berdasarkan tingkat kehadiran ASN di Kota Denpasar yang baik dimana jumlah pegawai yang hadir sesuai dengan jumlah total pegawai yang dijelaskan pimpinan bersangkutan, dan ketidakhadiran pegawai juga sudah disertai surat izin resmi.

“Harapan kami tentu saja monitoring semacam ini tetap dioptimalkan artinya tidak hanya hari ini namun untuk selanjutnya pengawasan dari OPD melaui pimpinan masing- maisng memastikan para pegawainya bekerja secara optimal," imbuhnya.

Secara keseluruhan saya salut terhadap tingkat kinerja para ASN di Kota Denpasar melihat jumlah kehadirannya di hari pertama kerja pasca cuti bersama ini. Sampai usai sidak dan monitoring dilakukan tidak ditemukan adanya ASN yang bolos kerja. (riz)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua