menu
search

Gandeng DOKU, COCO Group Luncurkan Pembayaran Elektronik Mudahkan Transaksi Pelanggan

Sabtu, 22 Juni 2019 : 20.25
Penandatangan nota kesepakatan untuk pembayaran elektronik antara Coco Group dan DOKU dilakukan Sabtu 22 Juni 2019 bersamaan perayaan Hari Ulang Tahun Coco Group ke-19 di lapangan Renon, Denpasar. Turut hadir I Nengah Natyanta - pemilik Coco Group (kiri) dan Dody Wijaya, VP Business Merchant DOKU (kanan)
Denpasar - Berbarengan momentum peringatan HUT ke-19, Coco Group meluncurkan pembayaran elektronik dalam memberikan kenyamanan pelanggan bertransksi dengan menggandeng DOKU.

DOKU dikenal sebagai perusahaan ritel dengan pertumbuhan tercepat di Bali, Coco Group terus berusaha mengembangkan bisnisnya, seiring bertambahnya jumlah gerai dan unit usaha,

Pada tahun ini, Coco Group merilis sistem pembayaran elektronik dengan menggandeng DOKU sebagai penyedial layananpembayaran elektronik dan manajemen resiko pertama di Indonesia.

Lebih dari 10 tahun, DOKU diakui dengan sertifikasi keamanan internasional serta diawasi oleh Bank Indonesia. Ekosistem yang sudah eksis sebagai langkah pertama sosialisasi sistem ini yaitu lebih dari 110 gerai, dengan jumlah transaksi rata-rata 20ribu per hari.

Kemudian, ditambah lagi mempekerjakan hampir 2000 karyawan adalah satu alasan terealisasinya kerjasama antara Coco Group dan DOKU. Penandatangan nota kesepakatan dilakukan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Coco Group ke-19 di lapangan Renon, Denpasar, Sabtu (22/6/2019).

Hadir dalam penandatanganan MoU, pemilik Coco Group I Nengah Natyanta, Managing Director Coco Group – I Wayan Sudira dan Vice President of Business Merchant DOKU – Dody Wijaya.

Nantinya, gerai-gerai Coco Group seperti Coco Mart, Coco Express dan Coco Supermarket akan menjadi lebih mudah dengan adanya pembayaran elektronik ini. Mulai dari bayar/ beli, bahkan juga bisa tarik tunai.

Sebagai perusahaan pembayaran yang salah satunya adalah menyediakan layanan payment gateway, pertama dan terbesar di Indonesia; proses transformasi DOKU terus berjalan melalui keberagaman lini produk yang bertumbuh bersama dengan bisnis online para merchant.

Selain inovasi produk, DOKU juga kian memperluas operasional bisnisnya, yang tadinya terfokus di pulau Jawa, kini telah menjangkau merchant-merchant di bagian timur Indonesia.

Hadir di Bali sejak tahun 2014, DOKU semakin mantap melangkah dengan memasuki segmen retail, melalui kerja sama dengan Coco Group Bali.

Dalam kesempatan itu, Dody Wijaya, VP of Business Merchant DOKU memberikan penjelasan mengenai ekspansi bisnis DOKU di wilayah Indonesia timur, termasuk kerja sama dengan Coco Group untuk inisiasi pembayaran cashless online dan offline.

Dody berharap, melalui kemitraan ini nantinya akan mempermudah transaksi cashless di gerai-gerai Coco Group seperti Coco Mart, Coco Express dan Coco Supermarket.

"Mulai dari bayar/ beli, bahkan juga bisa tarik tunai," kata Dody menegaskan. Juga disimulasikan transaksi non-tunai menggunakan aplikasi DOKU e-Wallet di stan Coco Mart.

DOKU dan Coco Group bekerjasama untuk melakukan inisiasi pembayaran elektronik di gerai-gerai Coco Group seperti Coco Mart, Coco Express dan Coco Supermarket dengan jenis transaksi seperti pembayaran, pembelian beli dan penarikan tunai.

Selain inovasi produk, DOKU juga kian memperluas operasional bisnisnya, yang tadinya terfokus di pulau Jawa, kini telah menjangkau merchant-merchant di bagian timur Indonesia.

Ditambahkan Dody, kemitraan dengan Coco Group akan memperluas use case dari produk DOKU yang telah terbuka di berbagai industri.

Simulasi transaksi non-tunai menggunakan aplikasi DOKU e-Wallet di stan Coco Mart
"Jika empat tahun terakhir layanan DOKU banyak digunakan oleh pemilik bisnis online di Bali, maka bersama dengan Coco Group layanan DOKU nantinya akan dapat juga digunakan untuk belanja online dan offline oleh masyarakat Bali dan sekitarnya," tuturnya.

Secara garis besar layanan end-to-end DOKU membentuk sebuah ekosistem pembayaran yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik bisnis (B2B) maupun konsumen (B2C) penikmat barang/jasa yang dijual pada platform online.

Melalui layanan payment gateway, merchant DOKU mendapat akses ke beragam metode pembayaran dengan sekali proses integrasi. Metode pembayaran yang beragam akan meningkatkan potensi transaksi sukses dengan memberikan kenyamanan bagi para pembeli untuk memilih opsi pembayaran yang mereka kehendaki.

Selain itu DOKU juga mempermudah proses rekap transaksi serta pembuatan laporan dan analisa penjualan, sehingga para merchant dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis ke depan.

Di sisi lain tren belanja online dan kenyamanan bertranskasi online semakin digemari oleh masyarakat, walaupun sebagian besar konsumen Indonesia belum memiliki kartu kredit dan rekening bank.

Menjawab kendala ini, DOKU e-Wallet dapat menjadi opsi metode bayar bagi konsumen yang ingin belanja online dan membayar kebutuhan bulanan didalam aplikasinya dengan nyaman dan terkontrol sesuai dengan alokasi dana masing-masing.

Pada semester kedua 2019, tercatat hampir 90% bisnis online di Bali telah memanfaatkan layanan DOKU.

Untuk lini bisnis travel dan hospitality, selain industri airlines, hotel/villa/resort dan agen perjalanan semakin banyak model bisnis baru yang menggunakan layanan DOKU, seperti activity, rental mobil, edukasi, restoran, club, spa dan masih banyak lagi lainnya.

Semua bisnis yang membutuhkan solusi pembayaran dapat dengan mudah mendapatkan bantuan dari tim DOKU yang tepat berada di jantung kota Bali. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua