menu
search

Dukung Kelestarian Lingkungan, KORAP Tebar Benih Ikan di Sungai

Jumat, 14 Juni 2019 : 13.23
KORAP dan Diskan Tabanan tebar benih ikan di Sungai Yeh Dati di Desa Pejaten, Tabanan, Bali
TABANAN - Untuk menjaga kelestarian ekosistem perairan sekaligus menambah stock dan keragaman jenis ikan yang telah ada di perairan, Komunitas Radio Adat Pejaten (KORAP) bekerjasama dengan Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tabanan melakukan restocking dengan menebarkan 5.000 benih ikan nila, di Tukad (sungai) Yeh Dati, Desa Pejaten, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali, Jum'at (14/6/2019).

Penebaran benih ikan nila di Tukad Yeh Dati yang dilakukan di lingkungan Beji Penimbukan, Banjar Dalem Desa Pejaten tersebut, dihadiri Kepala Diskan Tabanan Ngurah Raka Iswara, Perbekel Desa Pejaten Nyoman Alit Wijaya, Bendesa Adat Desa Pekraman Pejatan I Made Budi Utomo, Penyuluh Perikanan Gede Raka Wijaya, Ketua KORAP Gusti Ngurah Sarto Wijoyo dan anggota serta para undangan.

Ketua KORAP Gusti Ngurah Sarto Wijoyo dalam laporannya mengemukakan, kegiatan restocing atau penebaran benih ikan di Tukad Yeh Dati ini merupakan salah satu wujud kepedulian KORAP dalam mendukung kelestarian lingkungan, khususnya kelestarian lingkungan periaran umum sungai.

"Selain penebaran ikan di perairan umum sungai, dalam rangka HUT KORAP ke tiga pada bulan Agustus mendatang, kami juga akan mengadakan gerakan membersihkan sampah plastik di perairan umum sungai yang ada di Desa Pejaten," katanya.

Terkait hal itu, Gusti Ngurah Sarto Wijoyo yang di lingkungan amatir radio populer dipanggil dengan nama Ajik Pejaten ini mengajak warga agar selalu menjaga kebersihan perairan umum sungai dengan cara tidak membuang sampah plastik di sungai dan perairan umum lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KORAP yang mengemukakan rasa terimakasihnya karena program penebaran ikan yang dilakukan KORAP mendapat dukungan penuh dari Diskan Tabanan.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Dinas Perikanan Tabanan atas pemberian bantuan benih ikannya serta Bendesa Adat, Perbekel Pejaten serta pihak-pihak lain terkait yang telah datang dan memberikan dukungan," ujarnya.

Kepala Diskan Tabanan Ngurah Raka Iswara yang terjun langsung memimpin penebaran benih ikan di sungai tersebut dalam sambutannya mengungkapkan, dengan ditebarnya benih ikan ini diharapkan mampu menambah jenis-jenis ikan yang ada di perairan sungai tersebut.

Selain itu, Ngurah Raka Iswara yang baru sekitar empat bulan memimpin Diskan Tabanan ini juga berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan di desa-desa lainnya di Tabanan sebagai salah satu wujud mendukung aksi pelestarian lingkungan, khusunya lingkungan perairan umum.

"Saya berharap penebaran benih ini mampu menambah jumlah dan keragaman ikan yang ada di perairan sungai Desa Pejaten. Bila sebelumnya jenis ikannya hanya berupa tawes atau nyalian sekarang makin beragam," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Ngurah Raka Iswara juga mengingatkan agar masyarakat turut menjaga kelestarian lingkungan, khususnya lingkungan perairan sungai. Di antaranya dengan tidak menangkap ikan menggunakan racun, setrum, tuba serta alat dan bahan terlarang lainnya.

"Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan perairan agar ikan bisa berkembangbiak dengan baik sehingga bisa menjadi warisan untuk anak cucu kita di masa depan," ajaknya.

Hal senada diungkapkan Perbekel Desa Pejaten Nyoman Alit Wijaya dan Bendesa Adat Desa Pekraman Pejatan I Made Budi Utomo yang memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan penebaran benih ikan di sungai yang dilakukan KORAP.

"Penebaran benih ikan yang dilakukan KORAP di Tukad Yeh Dati merupakan momen penting yang mendukung program Desa Pejaten menuju Desa Wisata yang lestari. Kami siap mendukung dan membantu KORAP dalam pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan," ujar Perbekel Desa Pejaten. (gus)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua