menu
search

Denpasar dan Makassar Berbagi Pengalaman dalam Pengendalian Inflasi Daerah

Rabu, 12 Juni 2019 : 17.29
Sekda Kota Denpasar Rai Iswara (dua dari kanan) memaparkan bagaimana upaya pengendalian inflasi TPID dengan jajaran Pemkot Makassar
Makassar - Guna memaksimalkan inovasi sebagai upaya pengendalian inflasi TPID Kota Denpasar dan Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan, saling berbagi pengalaman. Pemkot Denpasar secara berkelanjutan terus mendukung tumbuh dan berkembangnya sektor perekonomian.

Keberadaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) merupakan sektor penting dalam pengendalian inflasi. Karenanya, TPID Kota Denpasar melaksanakan studi banding dengan mengunjungi Pemkot Makasar, Sulawesi Selatan.

Rombongan TPID Kota Denpasar yang dipimpin langsung Ketua TPID Kota Denpasar, AAN Rai Iswara yang juga Sekda Kota Denpasar bersama OPD terkait ini diterima Kadis Perdagangan Kota Makasar, Nielma Palamba bersama Kadis Ketahanan Pangan Kota Makasar, Sri Susilawati di Kantor setempat, Rabu (12/6).

Sekda Rai Iswara mengatakan, keberadaan TPID dalam menekan angka inflasi daerah sangat dirasakan masyarakat. Terlebih, menjelang hari besar nasional dan keagamaan yang identik dengan lonjakan harga bahan pokok.

Keberadaan TPID ini telah mampu menekan angka inflasi daerah, khususnya di Kota Denpasar.

"Keberadaan TPID sangat penting, mengingat salah satu indikator kesejahteraan rakyat adalah laju inflasi yang terkendali dan stabil, dan Pemkot Denpasar pun telah maksimal dalam menekan angka inflasi daerah melalui TPID ini," kata Rai Iswara.

Sinergitas antar daerah menjadi poin penting dalam menyusun program TPID yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Karenanya, pelaksanaan studi banding ke Kota Makasar penting dilaksanakan, selain meningkatkan wawasan, juga untuk merangsang inovasi TPID untuk menyusun program unggulan dalam menekan laju inflasi daerah.

Apalagi, saat ini TPID Kota Makasar telah berhasil meraih TPID Award Tahun 2019. "Studi banding ini, diharapkan mampu menjadi ajang saling tukar inovasi guna menciptakan stabilitas inflasi daerah," harapnya.

TPID Kota Denpasar memiliki berbagai program unggulan yang efektif menekan laju inflasi. Mulai dari operasi pasar, pasar murah bersubsidi dan pemantauan harga secara berkala.

Dengan tingginya tuntutan akan pelayanan maksimal, mewajibkan TPID untuk terus beeinovasi serta mencari alternatif program unggulan guna menekan angka inflasi di Kota Denpasar.

Dalam kesempatan sama, Kadis Perdagangan Kota Makasar, Nielma Palamba didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Sri Sulistyawati mengatakan, studi banding ini tentunya dapat menjadi ajang tukar pikiran serta menciptakan solusi bersama dalam menekan angka inflasi daerah.

Dalam menjaga stabilitas inflasi ini beberapa program unggulan turut dilaksanakan. Mulai dari Prinsip 4 K (Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, Komuikasi Efektif dan Keterjangkauan Harga), Inovasi Kawasan Lorong Inflasi, Pemantauan hingga tingkat distributor, budidaya bahan pangan serta Mobil Inflasi.

"Intinya kita harus berkordinasi dan berkolaborasi hingga sektor terbawah termasuk distributor sehingga mampu menjaga stabilitas harga sehingga mampu menekan laju inflasi daerah," tutupnya. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua