menu
search

YLKI Harapkan Jaminan Pasokan dan Distribusi BBM Selama Mudik Lebaran

Minggu, 19 Mei 2019 : 23.13
ilustrasi/dok
Jakarta - PT Pertamina diminta memberikan jaminan terhadap pasokan BBM, dan gas elpiji selama libur panjang mudik lebaran 1440 Hijriyah.

Diketahui, pasokan keseluruhan BBM cukup untuk 21 hari. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan apresiasi atas jaminan yang diberikan oleh PT Pertamina untuk memasok BBM dan gas elpiji tersebut.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi meminta, agar PT Pertamina sudah mempunyai contigensi plan yang memadai, khususnya untuk di area Tol Trans Jawa dan tol Trans Sumatera; guna mengantisipasi jika terjadi kemacetan panjang, yang bisa saja terjadi di luar skenario.

"Selain menjamin pasokan, kami meminta PT Pertamina menjamin kelancaran distribusi sehingga mobil tangki Pertamina tidak terlambat memasok BBM di SPBU, sehingga SPBU yang berakibat pada kekosongan BBM," sambung Tulus dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/5/2019).

Khususnya SPBU di luar rest area jalan tol, seperti di SPBU di sepanjang jalan raya dari Brebes menuju Purwokerto, dan atau di sepanjang jalan Buntu-Cilacap, menuju Kutoarjo; yang masih sering mengalami kemacetan panjang.

Selain pasokan BBM, YLKI juga meminta PT Pertamina, menjamin kualitas pelayanan di SPBU, terkait kebersihan dan kecukupan air bersih di toilet, khususnya untuk toilet perempuan. Sekaligus kebersihan mushola untuk beribadah.

"Keberadaan toilet dan mushola di SPBU sangat penting, sebab faktanya konsumen singgah di SPBU bukan hanya untuk mengisi BBM saja, tetapi juga untuk ke toilet, ibadah bahkan iatirahat," demikian Tulus. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua