TNI Bantu Pembuatan Jamban Bagi Warga Abang Karangasem

Selasa, 07 Mei 2019 : 16.30
Karangasem - Koramil Abang di Kabupaten Karangasem bersama masyarakat bergotong royong membantu pembuatan WC atau jamban bagi warga. Hal itu dilakukan guna mewujudkan kebersihan dan kesehatan masyarakat. Mengingat WC atau jamban sangat diperlukan warga sekitar.

Di sekitar Abang. masih ada sebagian warga yang tidak mampu yang belum punya WC. Kondisi ini menjadi perhatian Koramil Abang dibawah Kordinator Kapten Cpl I Gusti Made Darsana.

Darsana mengakui warga Abang sebagian besar menghandalkan hidup dari pertanian. Pertanian tidak maksimal karena hanya menghandalkan lahan kering.

Selaia petani sebagian warga juga sebagai buruh kasar. Kehidupan mereka rata rata di bawah garis kemiskinan. Tak heran, membuat WC atau jamban adalah hal yang mahal bagi mereka.

"Untuk buang hajat warga biasanya melakukan di sungai atau di tegalan," katanya. Ini tentunya tidak bagus untuk kesehatan karena bisa menimbulkan penyakit. Diantaranya adalah bekteri coli. Kalau ini menyebar warga akan mudah terkana diare.

“Kami kerahkan para babin untuk membantu mereka membuat WC,” ujar Darsana. Pembuatan WC dilakukan di Banjar Dinas Merta Sari, Desa Culik, Abang, Karangasem.

Pembagunan WC dilakukan dengan menggunakan donator. Bantuan diberikan kepada I Gede Surata 47 yang keseharian bekerja sebagai petani. Surata sendiri belum mampu membagun WC karena untuk kebutuhan hidup saja masih sulit.

WC yang dibagun ini bisadipergunakan oleh Surata dan keluarganya. Selaian itu juga bisa dipergunakan bersama sama dengan Penyungsung Pura Gunung Mas yang jumlahnya 29 kk.

Dimana saat dilakukan pujawali tidak ada WC sekitar sana sehingga warga kesulitan buang air kecil atau air besar.

Kebetulan WC ini juga dekat dengan Pura tersebut sehingga bisa dipergunakan bersama sama. “Ya kami sangat bersyukur bisa mendapat bantuan WC seperti ini,” ujar I Nyoman Tulus, pemangku pura setempat.

Kepala Desa Culik Ida Nyoman Jaksa berharap, ke depan Babinsa bisa membantu masyarakat lainnya yang membutuhkan. "Semoga kedepan semakin banyak donatur yang bisa menyiapkan bahan dan kami anggota Koramil siap untuk mengerjakan," imbuh Darsana lagi.

Bantuan ini juga karena donator yang menyediakan bahan bahanya. Sementara Koramil sendiri mengerjakan bersama sama warga secara gotong royong. (ani)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru