menu
search

Tiket Mudik Gratis Pemkab Tabanan Ludes Diserbu Pemudik

Selasa, 28 Mei 2019 : 11.04
Armada bus Program Mudik Bersama yang difasilitasi Pemkab Tabanan tahun 2018 lalu. (Foto: dok Kabarnusa)
TABANAN - Program Mudik Gratis yang digelar Pemkab Tabanan, Bali tahun ini mendapat respon positif dari warga Tabanan, khusunya warga muslim yang akan mudik gratis. Respon tersebut dapat dilihat dari cepatnya tiket yang habis dipesan oleh para pemudik.

Sekretaris I Panitia Mudik Gratis Nanok Wahyudi menuturkan, tiket mudik gratis yang disediakan panitia seluruhnya sudah habis dipesan oleh para pemudik, beberapa hari saat pesanan tiket dibuka pada tanggal 7 Mei 2019 lalu.

"Tiket mudik sudah habis. Pemudik yang mendafatar saat tiket sudah habis dimasukkan ke daftar tunggu. Bila ada pemesan yang membatalkan tiketnya, akan dialihkan ke pemudik yang masuk daftar tunggu sesuai urutannya," papar Nanok saat dikonfirmasi, Selasa (28/5/2019) pagi.

Menurut Nanok, pada tahun ini Pemkab Tabanan memfasilitasi dan menyediakan sebelas bus untuk program Mudik Gratis.

Berbeda dengan acara mudik gratis tahun lalu, acara mudik gratis kali ke delapan yang digelar Pemkab Tabanan ini, tujuannya tidak saja ke Jawa Timur, namun juga ada satu bus yang tujuannya ke Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Selain ke Surabaya, Malang, Jember dan Banyuwangi di Jawa Timur, mudik gratis tahun ini kami juga menyediakan satu bus dengan tujuan ke Tasikmalaya, Jawa Barat. Total ada sebelas armada bus dengan 475 seat," katanya.

Nanok menambahkan, pemudik yang sudah memesan tiket mudik gratis pada tanggal 25 - 28 Mei 2019 harus kembali datang ke Kantor Dinas Perhubungan untuk mengambil tiket aslinya.

"Tanggal 28 Mei 2019, hari Selasa ini merupakan batas terakhir penukaran tiket sementara dengan tiket aslinya. Bila tidak menukarkan tiket, dianggap membatalkan pesanan," ujarnya.

Terkait hal itu, Nanok menghimbau bagi para pemudik dalam program Mudik Gratis Pemkab Tabanan yang sudah melakukan pemesanan tiket agar segera menukarkan tiket sementara dengan tiket aslinya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan Agus Harta Wiguna saat dikonfirmasi membenarkan bila tiket mudik gratis sudah habis untuk seluruh jurusan.

"Tiket sudah habis. Tidak ada penambahan armada bus lagi," katanya saat ditanya apakah akan ada penambahan bus mengingat cukup banyaknya daftar tunggu yang sudah mendaftar.

Ditanya tentaNG pendanaan untuk program Mudik Gratis tersebut seluruh biayanya total sekitar Rp 125 juta berasal dari Program CSR (corporate social responcibility) dari sejumlah bank dan perusahaan.

"Seluruh biaya sepenuhnya berasal dari CSR. Sama sekali tidak ada anggaran yang bersumber dari APBD," pungkasnya. (gus)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua