menu
search

Temui Warga Pasek, Gubernur Koster Titip Wujudkan Visi Bali Era Baru

Kamis, 30 Mei 2019 : 23.30
Gubernur Bali Wayan Koster saat hadir dalam Loka Sabha VIII Maha Gotra Sanak Sapta Rsi Kabupaten Klungkung
Klungkung - Gubernur Bali Wayan Koster mengajak warga Pasek untuk ikut mewujudkan visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali' atau menuju Bali era baru.

Ajakan ini disampaikannya saat menjadi pembicara kunci dan membuka secara resmi Loka Sabha VIII Maha Gotra Sanak Sapta Rsi Kabupaten Klungkung, di Balai Budaya I Dewa Agung Istri Kanya di Semarapura, Kamis (30/5).

Gubernur Koster menyebutkan, 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali' adalah visi yang lengkap untuk membangun Bali ke depan. Kelebihannya, visi tersebut tidak hanya mengandung nilai Pancasila, namun juga kearifan lokal serta mempertimbangkan aspek sekala dan niskala.

Gubernur asal Desa Sembiran, Kabupaten Buleleng ini mengatakan, visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali' bisa terwujud jika segenap semeton Bali mampu bersama-sama berperan aktif untuk menjadikan Bali era Baru yang lebih baik.

"Kami berharap semeton Pasek yang tergabung dalam Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi ini ikut berpartisipasi aktif mendukung visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali', karena visi ini untuk keseluruhan Bali yang harus kita wujudkan bersama-sama,” katanya menandaskan.

Persatuan masyarakat Bali, menurutnya, merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap para leluhur. “Saya senang mendengar pembacaan bhisama tadi. Hal-hal seperti ini yang harus kita pertahankan,” ujar Ketua DPD PDIP Provinsi Bali ini.

Kesepakatan-kesepakatan spiritual yang dibuat oleh para leluhur, menurut Gubernur Koster, lebih bisa dipegang daripada perjanjian yang ditandatangani di era modern ini.

Menjadi pembicara kunci, Gubernur Koster tidak hanya memaparkan bagaimana visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali', tetapi juga menjelaskan tentang apa yang telah dan akan dilakukan pihaknya ke depan.

Pemaparan program Gubernur Koster, tampak mendapat apresiasi positif dari seluruh warga Pasek Kabupaten Klungkung. Terlebih saat Gubernur menyampaikan rencana pembangunan Pusat Kebudayaan Bali di eks galian C Gunaksa, Klungkung, spontan mendapat aplaus yang panjang dari puluhan hadirin.

Hadir dalam acara ini Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, Ketua MGPSSR Provinsi Bali Jro Pasek Wisnu Bawa Temaja, ketua atau perwakilan MGPSSR kabupaten/kota se-Bali serta pengurus MGPSSR se-Kabupaten Klungkung.

Ketua Panitia Loka Sabha VIII Maha Gotra Sanak Sapta Rsi Kabupaten Klungkung I Made Suyastra menjelaskan, kegiatan yang digelar pihaknya kali ini selain sebagai sarana untuk mempererat persaudaraan.

Juga, memilih Ketua MGPSSR Klungkung periode 2019-2024 serta menetapkan rencana organisasi untuk lima tahun ke depan. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua