Tekan Angka Inflasi, Gubernur Bali Genjot Pemanfaatan Produk Lokal

Jumat, 10 Mei 2019 : 00.00
Gubernur Wayan Koster dalam rapat koordinasi wilayah TPID Bali Nusra
Badung - Dalam menekan laju angka inflasi di Bali diharapkan pemanfaatan produk lokal lebih dioptimalkan karena bisa memenuhi ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat, seperti produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali.

"Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi angka inflasi di Bali," tegas Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Wilayah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bali Nusra di The Anvaya Beach Resort Bali, Badung, Kamis (9/5/2019).

Selama ini, kebutuhan bahan pokok kebanyakan dipasok dari luar dengan jumlah tidak menentu. Kekurangan pasokan juga terkadang menyebabkan naiknya angka inflasi. Untuk itu, peningkatan produksi produk lokal Bali sangat penting. Mengingat selama ini sektor pertanian belum mendapat perhatian secara optimal.

Guna mengatasi hal itu, Gubernur Bali telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 99 Tahun 2018 Tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

"Kita tahu Bali sebagai tujuan wisata dunia. Tapi sayangnya selama ini para petani tidak menerima manfaat pariwisata Bali secara langsung," katanya. Dia telah mengeluarkan peraturan tentang pemasaran dan pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali.

Koster ingin antara pariwisata dengan pertanian harus dipertemukan, diberdayakan dan disinergikan sebagai strategi dalam membangun perekonomian Bali guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani, nelayan, dan pelaku serta pegiat industri lokal Bali.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini menambahkan, dengan memanfaatkan produk lokal maka kebutuhan akan produksi daerah sendiri bisa terus meningkat sehingga tidak perlu mendatangkan suplai dari luar.

Dengan demikian, angka inflasi di Bali bisa tetap stabil. Dia mengajak masyarakat mencintai produk dalam negeri dan gunakan produksi daerah sendiri. "Ini akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru