Pemkab Tabanan Siapkan 11 Bus untuk Mudik Gratis 2019

Senin, 13 Mei 2019 : 20.12
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tabanan I Made Agus Harta Wiguna (foto: dok)
TABANAN - Pemkab Tabanan, Bali melalui leading sektornya Dinas Perhubungan (Dishub) tahun ini kembali menggelar acara mudik gratis dengan menyediakan 11 bus yang diperuntukkan bagi warga Tabanan.

Berbeda dengan acara mudik gratis tahun lalu, acara mudik gratis kali ke delapan yang digelar Pemkab Tabanan ini, tujuannya tidak saja ke Jawa Timur, namun juga ada satu bus yang tujuannya ke Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Selain ke Surabaya, Malang, Jember dan Banyuwangi di Jawa Timur, mudik gratis tahun ini kami juga menyediakan satu bus dengan tujuan ke Tasikmalaya, Jawa Barat. Total ada sebelas armada bus dengan 475 seat," ujar Kepala Dishub Tabanan I Made Agus Harta Wiguna saat dikonfirmasi, Senin (13/5/2019)

Menurut Agus Harta Wiguna, untuk program Mudik Gratis tersebut seluruh biayanya total sekitar Rp 125 juta berasal dari Program CSR (corporate social responcibility) dari sejumlah bank dan perusahaan.

"Seluruh biaya sepenuhnya berasal dari CSR. Sama sekali tidak ada anggaran yang bersumber dari APBD," tegasnya. Hal itu ditegaskan Kepala Dishub untuk menepis tudingan sejumlah pihak bila Program Mudik Gratis yang selama ini dilaksanakan Pemkab Tabanan dananya bersumber dari APBD.

"Pemkab Tabanan hanya memfasilitasi mencarikan dananya melalui CSR. Sedangkan untuk acara mudik gratisnya sendiri ada panitia khusus yang menanganinya," tambahnya. Disebutkan, mudik gratis ini akan dilaksanakan dan dilepas di depan kantor Bupati Tabanan pada hari Sabtu, tanggal 1 Juni 2019 mendatang.

"Bagi warga Tabanan yang berminat ikut mudik gratis bisa segera mendaftarkan diri di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan dengan menyerahkan foto copy KTP dan kartu KK,"ujarnya.

Sekretaris I Mudik Gratis 2019 Nanok Wahyudi ditemui secara terpisah mengemukakan, untuk mudik gratis kali ini disediakan sebelas bus. Perinciannya untuk tujuan Surabaya disediakan enam bus, ke Malang dua bus, Jember dan Banyuwangi dua bus dan tujuan Tasikmalaya satu bus.

"Pendaftaran dilakukan mulai 7 - 24 Mei 2019 dan pengambilan tiket tanggal 25 - 28 Mei 2019. Beberapa bus jurusan Surabaya sudah full pesanan. Rencana pemberangkatan Hari Sabtu 1 Juni 2019 jam 07.00 di depan Kantor Bupati Tabanan," ujarnya.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam suatu kesempatan mengemukakan, program Mudik Gratis yang dilaksanakan Pemkab Tabanan merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada warganya, khususnya warga muslim yang akan mudik merayakan Hari Raya Idul Fitri atau bersilaturahmi di kampung halamannya.

Bupati Wiryastuti berharap, program mudik gratis pro rakyat ini bisa meringankan beban ekonomi warga yang akan mudik ke kampung halamannya. Uang yang sedianya untuk beli tiket mudik bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya dalam rangka lebaran. (gus)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru