AMSI Sulbar dan STIE MM Gelar Pelatihan Jurnalistik

Rabu, 15 Mei 2019 : 00.30
AMSI Sulbar dan STIE MM menggelar pelatihan jurnalistik
Mamuju - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pembangunan Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mumammadiyah Mamuju (STIE MM) bekerjasama dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Barat (Sulbar), menggelar kegiatan Halfday Basics Workshop, di Aula kampus STIE MM.

Kegiatan diikuti lebih 50 mahasiswa itu mengangkat tema "Hoax Busting and Digital Hygiene". Selain Halfday Basics Workshop, juga dirangkaikan dengan pelatihan Jurnalistik.

Pemateri Halfday Basics Workshop dari Google News Initiative, yakni Anhar dan Ancha Hardiansya, sedangkan pemateri pelatihan Jurnalistik dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar, Biro Mamuju, Sudirman Samual dan Rahmat FA.

Ketua Penitia, Refli Sakti Sanjaya dalam sambutannya berharap agar peserta kegiatan tersebut betul-betul serius mengukuti materi-materi yang dibawakan oleh para narasumber.

"Apalagi, pemateri kita yang sudah jauh-jauh kemari dari Google news Initiative datang kesini hanya untuk berbagi pengalaman kepada kita semua. Jadi sangat rugi kalau kita tidak serius dalam forum ini nantinya," harapnya, Senin 13 Mei 2019.

Ketua HMJ Pembangunan Ekonomi, Irwan Ade Saputra, mengatakan sekarang ini mahasiswa dan pemuda rata-rata adalah pengguna media sosial. Sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat penting untuk diikuti, agar mampu menyaring berita benar dan tidak benar atau hoaks.

Mengingat, pasca Pemilu ini semakin banyak isu-isu di media sosial yang tidak diketahui kebenarannya.

"Jadi ketika teman-teman tidak mampu menyaring, tidak mampu bijak dan membaca kondisi-kondisi yang ada di media sosial, teman-teman hanya akan menjadi pengkomsumsi tanpa mengetahui kebenarannya," katanya mengingatkan.

Ketua STIE MM, Muhtar Baso antusias dengan kegiatan ini. Terlebih. kegiatan-kegiatan seperti ini sangat jarang dilakukan oleh mahasiswa himpunan. "Kegiatan ini sangat luar biasa. Kegiatan seperti ini harus menjadi makanan hariannya mahasiswa himpunan, untuk kita adakan workshop seperti ini," sebutnya.

"Kita manfaatkan waktu ini untuk mendengarkan materi dari narasumber. Saking saya sukanya ini materi saya sampaikan ke Dosen, tolong hadiri ini materinya bagus. narasumbernya bagus," tutup Muhtar. (riz)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru