Sambut Ramadan, Santri TPQ Raudhotul Quran Perdalam Ilmu Agama

Jumat, 19 April 2019 : 13.51
Santriwanan satriwati Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Raudhotul Quran Denpasar
Denpasar - Santriwanan satriwati Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Raudhotul Quran Denpasar menggelar serangkaian kegiatan untuk untuk memperdalam ilmu agama Islam dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah.

Para santriwan/ti udah mulai diajarkan dan menghafalkan doa termasuk hapalan niat berpuasa dan berbuka puasa. Mereka terdiri dari usia 5 sampai 17 tahun ini sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Kepala TPQ Roudhotul Quran, Moch Jawali Sajib mengatakan dalam menyambut bulan suci Ramadhan pihaknya telah mempersiapkan santriwan dan santriwati mengenai tata cara berpuasa dan membayar zakat.

"Tahun ini insyaalloh anak-anak sudah siap untuk menyambut bulan suci Ramadhan, mereka sudah kami ajarkan tata cara berpuasa," ujarnya Jumat (19/4/2019).

Para santri, mengisi waktu selama bulan ramadhan dan pihaknya juga sudah mengajarakan tata cara menbayar zakat agar nantinya mereka paham dan bisa menbayar zakat sendiri.

Selama bulan Ramadhan, kata Jawali, proses belajar mengajar di mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai. "Tidak ada yang spesial di tahun ini, selain anak-anak belajar Iqro dan Al-quran kami juga melaksanakan sholat tarawih dan tadarusan," sambungnya.

Yang menarik dari anak-anak yang mengajinya rajin selama bulan ramadhan kami berikan hadiah. Hal ini untuk memberikan semangat buat anak-anak.

Hal yang sama juga disampaikan Ustazah Lufiyah, santriwan/ti tidak hanya belajar Iqro' dan Al-quran saja tetapi diajarkan Aqidah Ahlak, Fiqih, Tajwid, Hadist, Sejarah Nabi.

"Setiap tahunnya kami berikan Raport hasil belajar mereka selama 1 tahun. Dan sekali lagi untuk memberikan semangat dan motivasi anak-anak kami selalu memberikan hadiah," imbuhnya.

TPQ Roudhul Quran yang beralamat di Jalan Karang Sari II No. 10 sudah berdiri sejak tahun 2010 bertempat di sebuah rumah Bapak Haji Sholehan. TPQ Roudhutul Quran di kelola oleh 2 orang yang merupakan suami istri.

TPQ Roudhotul Qur'an pernah memiliki santri mencapai 80 orang, dikarenakan Kepala TPQ mengalami kecelakaan maka TPQ diliburkan selama 3 bulan. Hampir 50% santriwan/ti pindah ke TPQ lain dan seiring berjalanya waktu saat ini TPQ Roaudhotul Quran mendidik sebanyak 67 santriwan/ti. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru