menu
search

Program Taktik, Kiat Tabanan Atasi Sampah Plastik

Minggu, 07 April 2019 : 20.22
Aksi Wabup Tabanan Komang Gede Sanjaya saat memimpin Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di DTW Jatiluwih
TABANAN - Menindaklanjuti Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik yang dicanangkan Gubernur Bali, Pemkab Tabanan meluncurkan program Taktik (Tabanan Anti Sampah Plastik). Program ini merupakan kiat khusus Tabanan dalam mengatasi dan menanggulangi sampah plastik.

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengungkapkan hal itu saat pembukaan acara Gerakan Semesta Berencana Bali Resik di Daerah Tujuan Wisata Jati Luwih, Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Minggu (7/4/2019).

Menurut Wabup Sanjaya, Program Taktik yang diluncurkan Pemkab Tabanan dilaksanakan melalui edukasi Lisa Challenge, yakni Tantangan Lisa (Lihat Sampah plastik Ambil) di kalangan anak-anak sekolah, Forum TPS3R, Pembinaan Bank Sampah serta membangkitkan kegiatan gotong royong Tepak Kulkul Ayahan di Desa Pekraman.

"Selain itu juga dilakukan melalui sosialisasi ecobag atau tas guna ulang di kalangan komponen masyarakat agar tidak lagi menggunakan kantong plastik saat berbelanja sehingga penggunaan kantong plastik bisa berkurang secara signifikan di Tabanan," paparnya.

Sementara dalam Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di DTW Jatiluwih, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan yang dibacakan Wabup Sanjaya mengemukakan, kegiatan ini merupakan motivasi utama dalam pengelolaan sampah plastik yang dilaksanakan melelaui pengembangan kerjasama dengan lembaga-lembaga peduli lingkungan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat merubah serta menumbuhkan sikap mental dan perilaku untuk peduli lingkungan hidup sehingga program Nangun sad kerthi loka Bali dapat dicapai dengan baik," katanya.

Bupati Eka juga minta pengelolaan sampah plastik agar dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat bagi msyarakat dan aman bagi lingkungan.

"Persoalan sampah plastik di Tabanan harus mendapat perhatian serius kita bersama karena setiap hari timbunan sampah plastik semakin meningkat sehingga menimbulkan citra kumuh dan tidak baik untuk dilihat," katanya mengingatkan.

Sebelumnya, Ketua panitia kegiatan yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan, I Made Subagia melaporkan kegiatan ini bertujuan menciptakan lingkungan hidup yang hijau, indah dan bersih.

Selain itu juga meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyrakat dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup secara mandiri. "Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Kabupaten Tabanan dilaksanakan hari ini serempak di sepuluh kecamatan yang dipusatkan di Obyek Wisata Jatiluwih," lapornya.

Menurut Subagia, hasil dari sampah plastik yang terkumpul akan dipacking dengan rapi dan menempatkan dengan baik dalam satu lokasi atau TPS,TPS3R, Bank Sampah dan pengepul sampah terdekat dan selanjutnya akan diadakan pelaporan.

"Sampah plastik yang sudah terkumpul dalam kegiatan ini akan ditindaklanjuti oleh tim kerja angkutan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan yang bertanggung jawab untuk menjemput dan mengangkut sampah plastik tersebut ke TPA Mandung," katanya.

Hadir dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Tabanan I Gede Susila, Asisten I Setda Tabanan AA. Dalem Trisna Ngurah, Asisten III Setda Tabanan I Made Sukada, Camat Penebel IGAN Supartiwi, Unsur Muspika Penebel serta para peserta yang melibatkan para OPD beserta staf, Perbankan, anggota gerakan koperasi, para siswa, pemerhati lingkungan dan warga masyarakat Desa Pekraman. (gus)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua