menu
search

Kontes Jurnalistik dan Seminar Anti Hoax Semarakkan 2 Tahun AMSI Jatim

Jumat, 19 April 2019 : 07.35
Surabaya - Kegiatan Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online dan Kontes Kartun Anti Hoax digelar untuk menyemarkkan perayaan hari jadi ke- 2 tahun Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Timur.

Rangkaian aktivitas digelar sepanjang 18 April hingga 18 Mei 2019. Penyelenggaraan event ini sekaligus mempertegas gagasan 'Media Siber untuk Semua'.

Ketua AMSI Jawa Timur Arief Rahman, mengungkapkan, gagasan inilah yang menyertai semangat perjalanan AMSI yang berdiri pada 18 April 2017. Di luar tekad awalnya, menjadikan media siber di Indonesia kian profesional, dipercaya, independen, dan membawa kesejahteraan bagi anggotanya.

"Dalam peringatan AMSI ini kami ingin melibatkan banyak pihak, khususnya pegiat pers kampus online dan kartunis Indonesia, dengan menggelar berbagai lomba," jelas Pemimpin umum Lensaindonesia.com ini.

Lomba dimaksud masing-masing adalah Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online dan Kontes Kartun Anti Hoax. Dua kontes ini akan dimulai Kamis (18/4/2019), sekaligus menandai peringatan dua tahun AMSI, dan berakhir pada 18 Mei 2019.

Untuk Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online, AMSI Jatim menyiapkan hadiah untuk tiga pemenang, masing-masing hosting dan domain, baik registrasi maupun perpanjangan, untuk penggunaan selama tiga tahun. Sementara Kontes Kartun Anti Hoax berhadiah jutaan rupiah.

"Penyerahan hadiah akan diadakan pada puncak peringatan HUT AMSI dalam Seminar Nasional ‘Media Siber : Good Journalism vs Hoax’," kata Arief.

Seminar menghadirkan Lucky Dwi Eko Lokononto (Pimpinan Redaksi beritaJatim.com), Sapto Anggoro (Pemimpin Redaksi tirto.id), dan Masitoh Indriani, LLM, Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Masitoh Indriani dikenal Peneliti Human Rights Law Studies (HRLS), akademisi untuk kebebasan ekspresi, dan sekaligus spesialis cyber law and freedom of expression. Puncak acara ini akan diadakan di Kampi Hotel Surabaya, Jalan Taman Apsari, Surabaya.

Rangkul Mahasiswa dan Komunitas
Dua kontes digelar dalam peringatan hari jadi AMSI tahun ini, didesain untuk melibatkan aktivis pers kampus dan kartunis Indonesia. Karena aktivis pers kampus adalah kelompok potensial yang nanti banyak mewarnai masa depan pers Indonesia.

"Kontes digelar dengan melibatkan mahasiswa dari seluruh Indonesia," jelas Budi Sugiharto, Ketua Panitia HUT AMSI.

Pimpinan Redaksi Jatimnow.com ini menjelaskan, peserta diajak mengirim karya jurnalistik dalam bentuk reportase khusus yang sudah diterbitkan di media mereka dalam kurun waktu 1 April hingga 15 Mei 2019. Reportase membawa tema khusus good journalism versus hoax.

Sementara Kontes Kartun Anti Hoax melibatkan kartunis Indonesia dengan mengusung karya bertema Kartun Opini Anti Hoax. "Kontes kartun ini akan melibatkan kawan-kawan kartunis dari berbagai komunitas di Indonesia," kata Uglu, sapaan jurnalis ini.

Lewat kontes yang ada, lanjutnya, peserta dan masyarakat diajak untuk turut mendukung gerakan anti hoax sekaligus memperkuat gerakan good journalism. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua