Kembali Erupsi, Tinggi Abu Gunung Agung Capai 2.000 Meter

Minggu, 21 April 2019 : 06.52
Kondisi terakhir Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali/foto:bpbd karangasem
Karangasem - Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali kembali erupsi melontarkan abu vulkanik setinggi sekira 2.000 meter. Data dihimpun, erupsi terjadi pukul 03.21Wita, Minggu (21/4/2019).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem melaporkan, tinggi kolom abu teramati sekira 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya," tutur Kepala Pelaksana BPBD Karangasem IB Ketut Arimbawa dalam keterangan resminya.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 55 detik.

Melihat hal itu, TIM TRC dipimpin Kasi. Kedaruratan dan Logistik bergerak ke lokasi terdampak hujan abu untuk pembagian masker dan assessment dampak erupsi serta berkoordinasi dengan instansi terkait.

Sejauh ini belum diketahui adanya kerusakan atau korban sebagai dampak dari erupsi Gunung Agung yang bertepatan Hari Kartini tersebut.

Belum ada perubahan status gunung agung masih pada level lll (siaga). Meski begitu, masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya.

Zona bahaya itu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung.

"Karena zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru," demikian Arimbawa. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru