menu
search

IPHI Tabanan Gelar Praktek Simulasi Manasik Haji

Senin, 22 April 2019 : 05.53
Jamaah calon haji Kabupaten Tabanan saat melaksanakan praktek simulasi manasik haji yang dipandu dan diselenggarakan IPHI Kabupaten Tabanan
TABANAN - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tabanan, Bali, menggelar kegiatan praktek simulasi manasik haji (peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya) di lingkungan Masjid Al Muhajirin, Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI), Kecamatan Kediri, Tabanan, Minggu (21/4/2019).

Ketua IPHI Tabanan Drs.H.Warso, S.Pd yang juga merupakan salah satu pelatih dalam praktek simulasi manasik haji tersebut mengungkapakan, prkatek simulasi manasik haji yang diikuti 34 orang peserta tersebut mengemukakan, kegiatan praktek simulasi manasik haji kali ini merupakan penerapan teori yang setelah 12 kali pertemuan yang dilaksanakan di Masjid Al Muhajirin setiap hari Minggu.

"Kami secara rutin menggelar pelatihan manasik haji yang mengusung thema "Manasik Haji Sepanjang Hayat" di Masjid Al Muhajirin setiap hari Minggu. Setelah mengadakan pelatihan dan pertemuan 12 kali, sekarang kami melaksanakan praktek simulasi tata cara manasik haji di lapangan," ujar Warso di sela-sela kegiatan praktek manasik haji.

Warso menembahkan, dalam pelaksananaan praktek simulasi manasik haji ini dirinya selaku pelatih didampingi dan dibantu dua orang pelatih yakni H. Irwan dan H. Adi Wiyono sehingga setiap tahapan kegiatan manasik haji bisa terpantau dan terlaksana dengan baik sesuai kondisi di Tanah Suci Mekah.

"Jumlah peserta 34 oarng calon jamaah haji yang sudah terdaftar di Kemenag dan Insya Allah akan berangkat tahun ini ke Tanah Suci Mekah melaksanakan ibdah haji," ujarnya.

Warso berharap, dengan dilaksanakan pelatihan manasik haji selama ini. Baik itu teori dan praktek serta simulasi, para calon jamaah haji dari Tabanan saat melaksanakan ibadah haji bisa lebih lancar, serta tahu apa yang harus dikerjakan selama melaksanakan ibadah haji.

Menurut Warso, IPHI melaksnakan pelatihan manasik haji ini karena IPHI sebuah organisasi yang anggotanya sudah pernah melaksanakan ibadah haji sehingga bisa merasakan suka dukanya menunaikan ibadah haji.

"Selain itu, IPHI Kabupaten Tabanan memiliki misi Haji Mabrur sepanjang hayat yang memiliki tanggung jawab moral untuk menghantarkan calon jamaah haji supaya memahami dan bisa melaksanakan haji mandiri dengan manasik yang benar berdasarkan tuntunan Nabi," jelasnya.

Disebutkan, kegiatan praktek simulasi manasik haji yang dilaksanakan hari ini juga merupakan sekaligus penutupan pelatihan manasik haji sepanjang hayat IPHI Tabanan periode 2018-2019 setelah dilakanakan selama 12 kali pertemuan pelatihan teori dan praktek di Masjid Al Muhajirin.

"Setelah 12 kali pertemuan teori dan praktek, pelatihan manasik haji kali ini merupakan hari terakhir. Dengan adanya praktek simulasi tahap demi tahap rangkaian pelaksanaan ibadah haji, kami yakin para peserta para calon jamaah haji bisa lebih paham dan mudah dalam melaksanakan ibadah haji nanti," pungkasnya. (gus)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua