SPBE Diterapkan Pusat dan Daerah, Menteri Syafruddin Optimis Target Waktu Tercapai

Sabtu, 09 Maret 2019 : 00.00
Menteri PAN-RB Syafruddin saat Rapat Tim Koordinasi SPBE Nasional di Kementerian PAN-RB/humas kemenpanrb
JAKARTA – Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mulai banyak diterapkan di instansi pemerintah pusat hingga daerah sehingga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, optimis akan selesai sesuai waktu ditargetkan.

Keyakinan Menteri Syafruddin didasari karena SPBE atau e-government di sejumlah kementerian/lembaga/pemerintah pusat hingga daerah sudah berjalan. Diketahui, target penerapan SPBE ditentukan pada Oktober 2020.

“Kita yakin selesai sebelum waktunya, Insya Allah_ satu setengah tahun. Tinggal disinkronkan,” ujar Menteri Syafruddin dalam Rapat Tim Koordinasi SPBE Nasional, di Kantor Kementerian PANRB, Jumat (8/3/2019).

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, disebutkan salah satu mandat yang harus segera dilaksanakan adalah percepatan SPBE.

Tujuannya mempercepat penerapan aplikasi umum berbagi pakai yang terintegrasi kepada seluruh instansi pemerintah. Dalam hal ini terdapat empat quick wins dalam penerapan aplikasi umum. Pertama, integrasi perencanaan, pengadaan, kinerja dan pemantauan evaluasi.

Kedua integrasi layanan kepegawaian, ketiga integrasi layanan kearsipan, dan keempat integrasi layanan pengaduan publik. Sementara itu terdapat pula dua quick wins dalam hal infrastruktur SPBE, yakni pusat data nasional dan jaringan intra pemerintah.

“Ini sangat progresif, tinggal percepatan saja,” imbuh mantan Wakapolri ini. Guna menyukseskan penerapan SPBE diperlukan komitmen dan dukungan dari pimpinan kementerian/lembaga untuk penyelesaian percepatan SPBE pada masing-masing aplikasi umum dan infrastruktur SPBE.

Saat ini, banyak instansi pemerintah telah membangun dan mengembangkan aplikasi sejenis, sehingga memunculkan resistensi penggunaan aplikasi umum berbagi pakai.

Sebagai Ketua Tim kordinasi SPBE Nasional yang bertugas mengkoordinasikan seluruh aktivitas SPBE Nasional, Syafruddin akan menetapkan aplikasi umum untuk diterapkan di masing-masing instansi pemerintah. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru